Selasa, 07 Februari 2012

all about exhaust

1. exhaust gas pada dasarnya berfungsi utk menyalurkan udara hasil pembakaran dr ruang bakar ke luar, seefisien/selancar mungkin. nah dlm prakteknya sering dijumpai beberapa motor punya lebih dr 1 ujung (silencer). gaya2an? bukan, designer sdh memperhitungkan dgn sangat detail ttg hal ini.
knalpot (kita sebut silencer) lebih dr satu memungkinkan udara hasil pembakaran bisa keluar dgn lebih lancar, hal ini khususnya utk mesin2 besar di atas 600 cc. ingat, ketika bensin dan oksigen dibakar di ruang bakar, hasilnya adalah udara berkompresi tinggi yg siap menekan piston. ketika udara ini sudah "lemes", ini udara harus keluar dgn segera. lah kan tinggal keluar aja kan? susahnya apa? he3, itu mungkin berlaku untuk motor2 400cc kebawah yg udara hasil pembakaran gk segitu banyak, tp utk moge sering sekali motor dapat masalah overheat karena exhaust yg kurang sempurna. udara ketika dipanaskan, viskositas/kekentalannya naik, ini ciri utama gas. viskositas naik artinya udara tersebut makin sulit mengalir karena makin kental atau pekat, moge2 papan atas, umumnya mensiasati dgn memberikan lebih dr 1 silencer tujuannya tak lain adalah menambah luas penampang dr saluran pembuangan gas, jdnya udara bisa mengalir dengan lbh baik. udara mengalir dengan sempurna berimbas pada tekanan di ruang bakar yg gk berlebihan sehingga efisiensi mesin bertambah karena tidak ada gas sisa pembakaran yg "tertahan" dan ikut campur utk dibakar ulang (hasilnya gas CO). kelemahannya apa? BERAT, itu pasti karena 1 silencer moge umumnya berat antara 5-10kg-an. MAHAL, jelas klo ini, 2 lbh mahal dr 1. DESIGN, dgn jumlah silencer lbh dr 1, design motor mau gk mau harus ngikutin, artinya cost of research dan time consuming

2. Pernah denger knapa orang pakai yoshimura, akrapovic, two bros, dll? Saya yakin pasti alasannya SUARA dan TAMPILAN. Padahal lebih dr itu. Pernah berpikir gk kenapa sih exhaust system brand terkenal dan ASLI selalu harganya selangit. ada beberapa penjelasannya
seperti sy jelaskan sebelumnya, udara panas itu lbh pekat. Butuh penampang saluran yg memungkinkan udara bisa mengalir lbh baik. knalpot dr brand terkenal umumnya memiliki coating yg memungkinkan resistensi terhadap udara pekat lbh kecil, memungkinkan utk flow rate lbh tinggi.
selain itu, dia pakai inner pipe dr bahan yg memiliki konduktifitas panas lbh baik, dgn cara itu, panas yg tersalur ketika masuk exhaust pipe, bisa segera disalurkan lbh baik sehingga suhu udara sedikit turun. suhu udara turun, viskositas turun juga, udara lbh gampang ngalir. Utk bagian luar, biasanya pake titanium atau carbon. Banyak yg terkecoh gk bisa bedain knalpot asli dan palsu ya gara2 tampilan luar ini. Titanium itu adalah bahan dengan berat jenis sedikit lbh berat dr alumunium, tp dengan kekerasan 8 kali alumunium. Kenapa mahal? karena susah dibentuk saking kerasnya, klo ada bengkel lokal indonesia yg bisa olah titanium, sy acungi jempol! itu klo bener2 titanium lho ya! karena bentuknya yg mirip antara 2 bahan ini, sering orang2 terkecoh. Bagaimana cara bedainnya? pengalaman, tidak ada cara lain. orang harus sudah pernah pegang titanium dan alumunium baru bisa bedain.
nah gimana tuh masalah berat yg lbh dr alumunium, eits jangan salah, yang kita liat di exhaust system itu bukan PURE TITANIUM atau PURE ALUMUNIUM. tapi adalah ALLOY, jd titanium umumnya dicampur sedikit sama alumunium untuk kejar entengnya. sedangkan dlm sejarah TIDAK PERNAH exhaust alumunium dicampur dgn titanium *majority masih alumunium, karena itu sudah salah jalan. he3,,,alasan utama bikin exhaust dr alumunium kan utk kejar harga jual, klo ditambahi titanium, jd mahal lg dong. Makanya biasa dicampur sama Fe (besi).

3. silencer ganti berarti makin kenceng suaranya
ini pendapat yg SANGAT SALAH. tahu gk artinya SILENCE? klo SILENCER dlm bahasa inggris itu pembuat lbh silence/SUNYI. Lho kok? Betul, motor itu didesign pake silencer supaya gk ada polusi suara, jd gk bising. Motor tanpa silencer sy jamin suaranya lbih LOUD drpd silencer termahal manapun. Tidak semua silencer mahal suaranya lebih besar. Orang2 mengganti silencer dgn aftermarket biar suara "BESAR" itu semata2 hanya membuat gas buang lbh fokus sehingga vokal suara lbh jelas. Di beberapa negara, ada limitasi maksimum desibel suara motor, makanya eberapa merk silencer "gak begitu kenceng suaranya" dibandingkan merk lain. Sayangnya orang indonesia berpikir yang kenceng, lebih baik. jd yg kalah kenceng, selalu diasumsikan "lebih murah". Ya berdoakalah di indonesia tidak pernah dibuat batasan maksimum desibel, biar suara kaya tank juga gk ditangkep polisi, he3

Disadur dari FB Kiming /Arief Setiawan

Tidak ada komentar: