Jumat, 01 Agustus 2014

5 cara meredam kemarahan

Untuk mengatasi kemarahan kita, berikut ada 5 cara yang dapat kita gunakan untuk meredamnya. Jadilah pribadi yang jauh lebih baik, dengan cara mengatasi kemarahan kita, dan semoga berhasil:

1. Diamlah

Sebuah masalah telah benar-benar ingin membuat Anda marah. Biasanya ketika marah kata-kata kotor dan makian akan keluar, sebelum hal tersebut terjadi, Anda bisa memilih untuk diam dan segeralah keluar dari lokasi tersebut. Carilah udara segar untuk meredakan amarah Anda, dan ketika Anda sudah mampu mengendalikan emosi, Anda dapat datang kembali untuk menyelesaikannya.

2. Tarik napas dalam-dalam

Kemarahan membuat beban jantung lebih berat. Tariklah napas dalam-dalam, karena itu mampu meredahkan sejenak emosi Anda.

3. Meditasi

Meditasi terbukti ampuh dapat meredakan emosi seseorang. Meditasi dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dalam mengatasi setiap persoalan. Meditasi juga mampu membantu seseorang untuk dapat berpikir secara jernih.

4. Tersenyum

Janganlah matikan api dengan api, jangalah menyelesaikan masalah dengan masalah. Ketika Anda sedang terlibat konflik dengan seseorang, tersenyum dapat membantu meredakannya. Alih-alih ikut tersulut emosi, tersenyum yang tulus dapat meredakan emosi orang lain juga.

5. Gunakan bahasa yang sopan

Seseorang yang sedang marah, umumnya menggunakan kata-kata kasar sebagai umpatan untuk melegakan perasaannya. Namun, sesungguhnya kita tidak diuntungkan apa-apa dengan menggunakan kata-kata kasar tersebut, justru hal tersebut dapat merugikan kita. Orang lain akan menilai kita sebagai orang yang tidak baik, arogan dan emosional, jika kita melakukannya. Meskipun Anda sedang marah, usahakan untuk tetap menggunakan kata-kata yang baik serta sopan, karena kita akan jauh lebih disegani oleh orang lain ketika kita dapat melakukannya.
Penulis: Agung Candra Setiawan

Tidak ada komentar: