Rabu, 30 Juli 2014

Makanan yang harus dihindari saat diare

Salah satu masalah pencernaan yang paling sering ditemukan adalah diare. Di jaman yang sudah maju seperti sekarang, memang sudah banyak bisa ditemukan obat diare atau pergi ke dokter.
Akan tetapi, tetap saja masalah pencernaan ini masih sangat mengganggu. Seperti yang dikutip dari Everydayhealth.com, ada 5 makanan yang harus dihindari saat diare.
1. Makanan berlemak
Jika diare sedang melanda, coba hindari makan makanan yang digoreng, bersantan, atau berlemak. Makanan tersebut hanya akan memperparah diare karena tidak banyak mengandung serat dan menyebabkan akumulasi asam di lambung.

2. Produk susu
Keju, yogurt, es krim, dan semua makanan olahan susu sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang diare. Laktosa yang terkandung di dalamnya tidak bersahabat dengan keadaan perut yang bermasalah.

3. Alkohol dan kafein
Hindari minuman beralkohol dan yang mengandung kafein karena bersifat diuretik dan menyebabkan mudah dehidrasi karena menyerap cairan di dalam tubuh.

4. Makanan dengan pemanis buatan atau sorbitol
Minuman dalam kemasan, minuman bersoda, dan permen adalah contoh makanan dan minuman dengan bahan sorbitol. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dan minuman ini selama diare.

5. Makanan penyebab gas
Meski buah dan sayur baguh untuk tubuh, namun ada beberapa buah dan sayur yang harus dihindari saat diare. Contohnya adalah kubis, kacang-kacangan, brokoli, dan kol.

Source : yahoo.com

Tidak ada komentar: