Selasa, 10 September 2013

Ini Cara Kembali Semangat Kerja

Dipecat dari kantor memang hal yang sangat menyedihkan. Tapi bila Anda terus-menerus merasa sedih, itu tak akan membantu Anda untuk bangkit dari keterpurukan dan kembali bersemangat untuk mencari pekerjaan yang baru.

Bila ini terjadi pada Anda. Lakukan beberapa cara di bawah ini, seperti dikutip dari Wikihow. Ini akan membantu Anda untuk termotivasi kembali bekerja.

1. Tanyakan diri sendiri
Daripada Anda terus-menerus menyalahkan tempat kerja, sebaiknya cobalah untuk introspeksi diri. Bila memang Anda yang salah, akuilah dan mencoba untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi.

Cari tahu juga apakah memang kepribadian Anda tidak cocok dengan lingkungan kantor, atau memang pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan Anda. Dengan mengevaluasi kesalahan diri sendiri, Anda bisa lebih mudah untuk bangkit dan mencari pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan Anda.

2. Lihat sisi positif
Melihat sisi buruknya saja akan tak ada habisnya. Cobalah untuk melihat sisi positif atau sisi lain dari pengalaman Anda itu. Bisa jadi ini adalah memang saat yang tepat bagi Anda untuk mengubah jalur karir. Siapa tahu juga, dengan adanya peristiwa Anda di PHK, bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengerjakan hal-hal yang tertunda. Misalnya melanjutkan kuliah, atau mengambil kursus baru.

3. Bangun jaringan kerja
Cobalah perluas jaringan kerja. Perbanyaklah teman di media sosial. Anda juga bisa gabung di LinkedIn. Siapa tahu ini bisa menjadi salah satu jalan untuk Anda mendapatkan pekerjaan baru. Melalui media sosial, juga bisa membantu Anda mendapatkan informasi seputar kerja yang bidangnya sesuai dengan menjadi minat Anda. Jangan ragu pula untuk memulai percakapan ringan dengan teman-teman baru.

Source : Detik.com

Tidak ada komentar: