Selasa, 16 Oktober 2012

Trik Biar Rutin Bangun Pagi ala Morning Person

Morning person identik dengan orang yang terbiasa tidur lebih awal di malam hari dan rajin bangun pagi. Tapi tak semua orang bisa melakukannya akibat perbedaan jam biologis, kata Dr. Tracey Marks, seorang psikiater yang berpraktik di Atlanta, AS dan penulis buku Master Your Sleep: Proven Methods Simplified.

"Bagi sebagian besar orang jam biologisnya adalah 24 jam tapi bagi orang yang jam biologisnya lebih dari itu, mereka takkan merasa capek hingga tengah malam sehingga cenderung beristirahat lebih malam," terangnya.

Namun tak perlu khawatir, bagi Anda yang sering begadang dan kesulitan bangun pagi seperti itu, ini dia 5 cara mudah untuk mengubah Anda menjadi morning person seperti halnya dilansir dari foxnews, Senin (15/10/2012).

1. Potong hari Anda sebanyak satu jam
Jika Anda ingin bangun lebih pagi, kurangi aktivitas di malam hari, saran Marks. "Kita seringkali menganggap masih punya banyak waktu luang sehingga cenderung melakukan sejumlah aktivitas yang seharusnya tak perlu kita kerjakan, terutama di malam hari," ungkap Marks.

Untuk mengurangi hari Anda, asumsikan bahwa Anda punya satu jam di akhir hari lalu sisihkan dan katakan tidak pada hal-hal yang mengganggu pikiran Anda pada waktu itu.

2. Banyak makan protein di pagi hari
Seperti yang banyak diketahui orang, sarapan merupakan waktu makan terpenting sepanjang hari. Jadi jika Anda mencoba untuk bangun pagi dan bertahan agar tidak mengantuk di pagi hari, jangan minum kopi atau mengunyah permen karet.

"Setelah tidur semalaman, metabolisme dan kadar gula dalam darah seseorang berada pada kadar yang terendah jadi kita perlu sarapan sehat untuk memberikan isi ulang tenaga pada kita," kata Rebecca Scritchfield, RD, pakar gizi dan olahraga khusus manajemen berat badan yang berpraktik di Washington DC.

Sarapan sehat yang dimaksudkan Scritchfield terdiri atas protein, buah-buahan atau sayuran berwarna-warni dan gandum utuh. Tapi jika Anda tak bisa hidup tanpa minum kopi di pagi hari, Scritchfield menyarankan untuk menambahkan susu atau susu kedelai sebagai kalsium dan protein tambahan pada minuman kegemaran Anda itu.

3. Lakukan hal yang Anda suka di pagi hari sebagai 'reward'
"Sekali-kali beri diri Anda waktu luang untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai sebagai 'reward' untuk diri Anda sendiri," saran psikolog Patricia Adson, penulis buku A Princess and Her Garden.

Misalnya membaca koran atau kolom blog favorit, memantau berita pagi selama beberapa menit, melakukan olahraga rutin atau bermeditasi. Bahkan meluangkan waktu untuk minum kopi atau tidak terburu-buru berangkat beraktivitas saja sudah cukup memberikan 'reward' pada diri Anda.

4. Menyemangati diri sendiri
"Ingatlah, Anda tak harus ingin bangun pagi, Anda hanya harus melakukannya," tutur Adson.

Setelah itu, ketika Anda terbangun, lebih baik tanyakan pada diri Anda hal apa saja yang bisa Anda lakukan hari itu ketimbang memikirkan apa yang harus Anda lakukan. Dengan begitu Anda akan lebih bersemangat bangun pagi, bukannya merasa terbebani dengan berbagai aktivitas atau tugas yang harus Anda kerjakan.

5. Olahraga sebelum sarapan
"Olahraga pagi-pagi dapat membantu mendorong meningkatnya energi, suhu tubuh dan kadar adrenalin selama beberapa jam setelah berolahraga," kata Marks.

Menurut sebuah studi, manfaat lain olahraga sebelum sarapan adalah membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan lebih banyak ketimbang olahraga setelah sarapan, ujar Burr Leonard, penemu The Bar Method.

Tidak ada komentar: