Kamis, 11 Oktober 2012

10 Profesi yang Sering Dipandang Sebelah Mata

Seiring dengan meningkatnya perekonomian dunia, lapangan pekerjaan semakin banyak dicari di belahan dunia manapun. Angka pengangguran yang masih tinggi membuat orang tak lagi memikirkan mereka harus kerja apa, asalkan menghasilkan uang, mereka pasti kerjakan.

Latar belakang pendidikan pun seringkali bukan menjadi persoalan seseorang mendapatkan pekerjaannya. Dari situ, terdapat beberapa pekerjaan yang dipandang sebelah mata, namun jangan salah, pekerjaan ini menghasilkan pendapatan yang cukup besar dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Berdasarkan data yang dikutip detikFinance dari CNBC, Selasa (11/8/2012), ada beberapa pekerjaan yang dianggap rendah di mata masyarakat.


10. Mekanik Otomotif

Untuk menjadi seorang mekanik otomotif atau anda biasa mendengarnya sebagai tukang bengkel tidak memerlukan gelar sarjana. Juga, seiring dengan meningkatnya permintaan dunia terhadap mobil yang semakin melonjak, permintaan terhadap sumber daya manusia yang mengerti tentang mesin mobil pun ikut-ikutan naik. Karir sebagai mekanik sudah terkenal sejak tahun 1960, dan kini orang orang yang jaya pada masa itu telah pensiun.

9. Teknisi Listrik

Seperti mekanik, untuk menjadi seorang tukang listrik tidak harus memiliki gelar sarjana. Gajinya akan lebih rendah jika anda bekerja di sebuah pabrik dan mendapat bayaran yang rata. Tapi jika anda menjadi seorang tukang listrik independen, atau tidak bergantung pada perusahaan manapun, gaji anda akan sangat besar.


8. Tukang Ledeng

Pekerjaan ini pun tidak mengharuskan anda harus memiliki gelar sarjana. Cukup dengan ketrampilan dan kemauan kerja yang keras, anda bisa menjadi seorang tukang pipa. Tidak perduli apa yang terjadi dengan keadaan ekonomi dunia atau di sebuah negara, kebanyakan orang tidak tahu bagaimana membetulkan sebuah pipa yang bocor dan pasti akan memanggil seorang tukang pipa profesional untuk membetulkannya. Dan juga, saat ekonomi sedang dalam keadaan baik, pasti akan ada banyak rumah-rumah baru yang membangun rumah dengan dapur dan kamar madi yang baru.


7. Kepala Sekolah

Tidak mudah untuk menjadi kepala sekolah, tekanan yang berat pasti dialami oleh kepala sekolah manapun. Beberapa orang menganggap menjadi kepala sekolah adalah pekerjaan yang dipandang sebelah mata.


6. Ekonom

Di sebagian besar negara barat, menjadi seorang ekonom adalah pekerjaan yang diremehkan. Anda tidak akan pernah mendengar seseorang berkata; "anakku seorang ekonom". Tapi seiring berjalannya roda perekonomian di negara global, pekerjaan ekonom secara berangsur memiliki citra yang baik.


5. Asisten Pengacara

Ada hal yang menarik disini. Profesi pengacara menjadi profesi yang terpandang dan masuk dalam daftar profesi terpandang urutan ke 6, namun menjdai seorang asisten pengacara justru dianggap tidak terpandang.

Pertama, untuk menjadi seorang asisten pengacara memiliki beberapa pilihan pekerjaan yakni bekerja disebuah lembaga hukum, atau di sebuah deprtemen atau korporasi. Dan tidak mengharuskan seseorang untuk mengambil sekolah khusus hukum.


4. Akuntan

Akuntan dianggap menjadi pekerjaan yang terlihat aneh dan kurang menarik. Padahal, gaji seorang akuntan biasanya cukup besar.


3. Analis Pasar

Bebebrapa orang beranggapan bahwa untuk melihat sebuah pasar tidak memerlukan analis, karena  pekerjaan ini dianggap sebelah mata. Tapi menjadi analis pasar adalah pekerjaan yang jelas berbeda. Gajinya pun lumayan.


2. Ahli Biologi

Kapan terakhir kali anda mendengar seorang anak memiliki cita-cita menjadi seorang ahli biologi? Banyak permintaan masyarakat terhadap ahli biologi. Walaupun di satu sisi pekerjaan ini diremehkan.


1. Dokter Hewan

Pekerjaan ini dianggap remeh di sebagian kalangan, terutama negari barat. Namun tidak dapat dipungkiri, permintaan unutk dokter hewan semakin tinggi. Saat ini adalah zaman modern yang membuat seorang anak sudah meminta seekor binatang peliharaan orang tuanya. Dan akhirnya, permintaan melonjak.

Source : Detik Finance

Tidak ada komentar: