Selasa, 31 Juli 2012

Scrambler

SCRAMBLER....istilah/penamaan ini digunakan untuk menyebut motor jalanan (street bikes) yang dimodifikasi untuk peruntukan segala medan,bisa aspal,gunung,padang rumput,pasir ato istilah kerennya cross country.

karakter dari scrambler ini mempunyai ciri khas di knalpot yg tinggi (untuk melewati lumpur atau nyebrang sungai)tapi kadang knalpot standar juga sering dipakai, stang lebar ala motorcross dan penggunaan ban segala medan.Dan printilan yang ngga penting yang ada di motor kadang dilepas untuk mengejar bobot yang ringan.

*sumber wikipedia


 Apa itu motor scrambler? kembali ke tahun 50-an,di Inggris ada salah satu jenis kompetisi yang disebut scramble (berebut(?)).Khas olahraga Inggris, ada beberapa aturan, mulai dari start-finish secepat mungkin dan kebanyakan trek-nya adalah cross country (lintas alam).
Kata scramble sendiri yg artinya memanjat atau bergerak cepat dengan satu tangan dan kaki.
Dan olahraga ini berkembang menjadi trials,dimana motor bisa berjalan lambat pas mendaki tapi bila kaki menyentuh bawah akan kekurangan point.Atau motorcross bisa berlari cepat di trek tertentu dengan beberapa lap/putaran.Di USA,california ada desert scrambles/lintas gurun,dimana motor jalanan dimodifikasi menjadi balap off road,ini sebelum motor spesial off road/special engine ada.

Di pertengahan 60-an "street scramble" diciptakan,yang kebanyakan adalah konsep marketing : motor jalanan yang dimodifikasi supaya bisa digunakan untuk off road.Ini adalah pendahulu dari SUV modern."Street Scramble" mempunyai tangki lebih kecil dari model motor jalanan (street bike),tidak diketahui mengapa memakai tangki kecil,yang biasanya untuk kompetisi memerlukan tangki yg lebih besar untuk menyelesaikan pertandingan.Alasan memakai knalpot tinggi dikarenakan bila melewati aliran sungai/lumpur mesin bisa terjebak atau mati bila memakai knalpot pendek.Setang lebar dengan crossbar dipakai untuk berjaga2 bila jatuh.Rem depan memakai tromol/drum,bukan cakram,karena orang offroad 70-an tidak percaya dengan cakram .Spakbor pendek, lampu kecil dan selain itu tidak ada yg dirubah.

Dengan perubahan menjadi scrambler,motor menjadi tidak nyaman untuk jalanan,knalpot yg melewati kaki penumpang dan tangki kecil mesti sering diisi.

Namun daya tarik terbesar adalah bahwa dengan scrambler, Anda bisa membayangkan terus berjalan bahkan jika jalan aspal sudah habis.Perasaan itu tidak akan pernah hilang.

*sumber lost motorcyclist,terjemahan bebas

Tidak ada komentar: