Selasa, 13 September 2016

Penyebab Gigi Transmisi Mobil Susah masuk


Automotif Tips - Salah satu kerusakan atau masalah yang terjadi pada transmisi mobil adalah gigi persneling susah masuk. biasanya masalah seperti ini indikasi awal adalah adanya kerusakan pada komponen kopling. namun apakah hanya kopling rusak atau bermasalah saja kah yang bisa menyebabkan ini, tentu saja komponen lain pun jika terjadi kerusakan bisa membuat pindah gigi jadi nyangkol.
Apa sajakah yang bisa menyebabkan gigi transmisi susah masuk atau nyangkut. nah berikut ini beberapa yang bisa menyebabkanya. semoga ini bisa membantu anda dalam mendeteksi kerusakan seputar komponen pemindah gigi pada mobil.

Penyebab Gigi Transmisi Mobil Susah masuk atau Nyangkol

  • Setelan Pedal Kopling Kurang.
Setelan pada pedal kopling yang kurang tinggi akan menyebabkan gigi sukar masuk atau nyangkol. kenapa, karena ketika pedal kopling di injak dan mentok, kopling masih kurang terbebas yang akan membuat gigi susah dimasukan. coba anda setel jarak main pedal kopling. untuk menyetelnya bisa dilakukan di pedal atau juga di tuas pada transmisinya.
  • Oli Transmisi Jelek.
Oli yang sudah jelek apalagi kurang bahkan habis, tentu bakal menyebabkan pemindahan gigi sulit atau susah masuk. biasanya kebanyakan oranmg jarang melakukan cek oli transmisi pada saat ganti oli mesin. padahal ketika penggantian oli mesin maka sebaiknya sekalian minta ke bengkel untuk memeriksa oli persneleng atau gigi transmisi.
  • Kopling Jebol.
Pada Kopling mobil terdapat per di sekelilingnya. jika per ini jebol, maka akan mengganjal dan ketika pedal kopling di injak, posisi kanfas kopling tidak terbebas karena ada per yang jebol mengganjal. ini kerap terjadi pada Mobil bermuatan berat. untuk mengecek kerusakan pada kopling maka harus dilakukan di bengkel karena transmisi harus dibuka dan di lengserkan untuk membuka kopling pada mobil.
  • Lidah Matahari dekrup ( Clutch Cover ) Lemah
Jika Lidah matahari dekrup lemah, maka ketika kopling di injak, Posisi drek laher ( Clutch Release Bearing ) menekan ke lidah matahari. jika lemah maka lidah matahari ini akan kurang kuat untuk mengangkat membebaskan kopling dari jepitan dekrup. rusaknya lidah matahari awalnya ditandai dengan gejala gigi susah masuk ketika mesin panas atau mobil dipaki jalan dan akan normal jika dalam kondisi dingin.
  • Bos Tuas Transmisi Loncer.
Bos-bos pada rangkaian tuas pemindah gigi yang loncer juga bisa menyebabkan gigi susah masuk. kenapa begitu, karena bisa saja jarak gerak pada tuas keburu mentok dan tuas pada rakitan transmisi bvelum sepenuhnya masuk pada posisi gigi masuk.
Nah ketika mengoper gigi pada mobil susah, mungkin salah satu atau beberapa point diatas penyebabnya. bagaimana cara memperbaikinya, akan saya tulis di artikel selanjutnya. semoga bermanfaat dan bisa membantu anda.
 
Source : Detik.com

Tidak ada komentar: