Senin, 11 Februari 2013

Tips Menata Ruang Tamu


Ruang tamu akan memberikan kesan karakteristik si pemilik rumah, beberapa hal utama yang selalu ada didalam ruang tamu:
Sofa dan meja, pemilihan sofa dan meja tentu disesuaikan dengan desain dan tema dari rumah Anda, apakah Anda menggunakan rumah bergaya minimalis, Eropa atau etnik, jika anda menyukai ruang tamu yang bernuansa etnik Jawa tentunya Anda bisa sesuaikan untuk membeli kursi yang bermotif ukiran Jawa.
Lampu, sebelum membeli lampu sebaiknya Anda hunting & meminta katalog model lampu seperti apa yang Anda inginkan, atau browsing di internet mencari gambar-gambar lampu, lampu memiliki peran penting untuk tampilan awal ruang-ruang rumah Anda.
Hiasan, sebaiknya hiasan di rumah Anda tidak berlebihan, terkadang saya menemui rumah yang memajang barang-barang hingga membuat ruang tamu menjadi terkesan berantakan, maka sebaiknya Anda bijak dalam memberi hiasan di ruang tamu anda.
Berikut tips menata disain interior ruang tamu agar terkesan rapih dan nyaman :
Jangan memenuhi ruang tamu dengan furniture.Cukup sediakan sofa dengan dua dudukan, satu sofa single seater, dan meja kecil. Apabila masih ada ruang lebih tambahkan meja sudut. Disain interior furnitur yang ada jika memungkinkan letaknya disandarkan ke dinding agar ruang terlihat lebih lega.
Alur sirkulasi udara peletakkan interior furnitur jangan sampai mengganggu alur sirkulasi menuju ruang lainnya.
Pemilihan Sofa agar tidak monoton, menggabungkan dua buah sofa yang berbeda sangatlah menarik. Beda disini maksudnya adalah beda bentuk, beda desain, ataupun beda warna. Untuk menjembataninya carilah benang merah antara keduanya, misalnya berupa warna yang senada.
Pilihlah furniture sesuai dengan luas ruang di ruang tamu dengan luas yang terbatas, lebih cocok diisi dengan interior ruang berupa furnitur yang ringan, tempat duduk yang tebal, seperti sofa memberi kesan berat. Namun pemilihan sofa yang tepat bisa menjadikan interior ruang tamu tidak terkesan penuh. Begitu pula dengan ruang tamu yang berukuran besar.
Hiasan ruang tamu untuk ruangan kecil pilihlah interior disain yang berupa kaca atau cermin agar ruangan terlihat lebih besar dan jangan berlebihan agar ruangan tidak terkesan penuh dan berantakan.

Source : Interiorrumah.com

Tidak ada komentar: