Senin, 26 November 2012

Tips dan trik bedain tahun upsidedown


1. WARNA FORK (tabung)
kombinasi warna fork paling gampang utk membedakan tahun A dan thn B. seringkali motor2 melakukan perubahan warna di setiap tahun atau saat facelift. paling sering seperti seri gsxr yg hampir tiap tahun berubah warna. Misalkan upsidedown GSX-R750 warna atas hitam bawah emas tua. Itu hanya muncul di seri thn 2006-2007/8 (awal). TIDAK ADA di thn lainnya. di seri K8, sdh berubah ke atas hitam-bawah silver. Utk tahu apakah klaim pedagang betul atau tdk, sering2 cek mbah GOOGLE atau tanya kepada pedagang yg anda anggap paling tau. Jangan sampai ketipu pedagang nakal ya

2. BENTUK BRAKET KALIPER 
cari gambar dr situs resmi atau situs2 terpercaya di google, bandingkan bentuk braket kalipernya. beda tahun, kadang beda di detil bentuknya

3. BENTUK, MERK, DAN WARNA KALIPER
cek detil kaliper. bandingkan data di internet dgn klaim penjual. kadang kala ada upsidedown yg fork-nya sama dlm rentang waktu 5 thn, tp berubah di detil kalipernya. Merk kaliper paling umum utk moge jepang ya TOKICO atau NISSIN. khusus YZF series pakai MOS (sumitomo). Utk moge eropa hampir pasti BREMBO tau tertulis merk motornya seperti BMW atau APRILIA. Klo bentuk atau merk atau warna GAK COCOK dgn klaim pedagang, hampir pasti pedagang berbohong tentang tahun produksi

4. WARNA BAGIAN ATAS FORK (TEMPAT "SETELAN")
ini tips yg cukup jitu dan jarang orang tahu. Meskipun mungkin warna fork sama, tapi ada detil bagian setelan shock bagian atas yg membedakan tahun produksi. Misalkan saja GSXR1000, dintara semua varian gsxr, seri gsxr1000 lah yg paling males ganti warna. Nah bagaimana cara bedainnya? upsidedown copotan 2004-2005 bagian setelan (paling atas dr fork) warnnya SELALU MERAH! sedangkan 2006-2011 warnanya SELALU BIRU! Saya sering mendapati upsidedown gsxr1000 2005 diklaim sebagai 2010 mentang2 warna forknya sama2 (atas emas-bawah hitam), pdhal ada detil setelan shock yg sering orang gk perhatikan.

5. BENTUK DAN WARNA MASTER REM
kadang kita beli upsidedown 1 set dgn kaliper masternya. cara lain utk memastikan tahun produksi adalah dgn melihat detil master remnya. sering antar tahun warna lever beda (klo diklaim ori semua), atau konstruksi radial/non radial beda, atau bahkan ukuran silindernya beda. cek juga masalah ini
kenapa kita harus repot ngurusi tahun?
 
1. supaya kita tdk membayar lebih mahal drpd yg seharusnya gara2 tipu2 pedagang kelas kacang. konsumen harus dapat apa pun sesuai dgn klaim dan perjanjian dgn pedagang. segala bentuk pemalsuan informasi bisa dikategorian penipuan.

2. umur tetep gk bisa bohong. Biarpun kita pakai suspensi OHLINS sekali pun, cepat atau lambat, suspensi pasti bakal butuh perbaikan, paling sering ya masalah seal itu, karena makin tua-->makin getas. Biasanya usia 10 thn adalah usia rawan utk suspensi depan moge jepang.
 
3. supaya harga pasaran gk rusak. kasihan pedagang2 yg berdagang dgn 100% jujur harus kena dampaknya
 
4. supaya konsumen indonesia menjadi konsumen yg CERDAS! KRITIS! dan ANTI DITIPU!
TIPS PALING UTAMA ADALAH......
Selalu beli part apapun itu dr pedagang yg betul2 mengerti apa yg dia bicarakan, orang yg betul2 ahli di bidangnya, gk asal jeplak dan nulis spesifikasi sembarangan. Cek reputasinya! Dan pilih yg memberikan service maksimal utk pelanggan!!!!
Selamat berbelanja!!!
 
 Source : Arief Setiawan / Kiming

Tidak ada komentar: