Senin, 12 Maret 2012

Material body kit

info ringan hari ini

1. Fiberglass
Jenis material paling gampang dibikinnya. terdiri dari glass fibers yang dipadu dgn material pengikat. Kelebihannya murah abis, enteng, dan gampang dibikinnya. Kelemahannya fragile alias gampang pecah. Di pasaran body kit dr bahan ini adalah yg paling murah (biasanya). Produk2 ma
de in china banyak skali yang berbahan ini.

2. PU alias polyurethane
dia salah satu produk turunan polymer dgn bahan dasar resin. Bahan inilah yang umumnya dipake sebagai bahan utama pembuatan body original motor alias OEM. Kelebihannya cukup lentur sehingga gk gampang pecah, tahan panas juga. Kelemahannya ya sedikit lbh berat drpd fiberglass dan harga juga bisa 2-3 kali lipat yg fiberglass.

3. Carbon fiber
Nah ini favorit saya, he3...jadi terdiri dari filamen2 carbon yang bentuknya dibikin lembaran2, bisa dicetak dgn molding dan dilapisi semacem coating berbahan dasar resin supaya kejar sifat kakunya. Kelebihannya? Gk usah ditanya deh ya, super kuat (buat mukul maling pasti KO), kekuatannya hampir sama dgn steel tp beratnya hanya seperlimanya. Material jenis ini disebut sebut sebagai material masa depan, karena bila kita bisa menemukan cara utk memproduksi barang2 dgn material ini more efficiently, tdk menutup kemungkinan di 2030 semua mobil/motor memakai bahan ini. Selain itu, ada hal yg bahan lain gk miliki, penampilannya keren abis sampe2 mayoritas pabrikan yg menjual body berbahan ini membiarkannya tidak di cat...dalam beberapa kasus dicat juga, tetapi biasanya tidak akan dicat tebel, karena motif carbonnya itulah yg jd daya tarik utama dan ciri body berbahan ini. Kelemahannya, mahal sekaliiii...hal itu karena proses pembuatannya sangat panjang dan ribet.

4. FRP composite
atau boleh disebut juga fiber reinforced polymer. Dia enteng tetapi lebih cenderung kaku mirip fiberglass tp kekuatan mirip poly urethane. Kalau saya disuruh kasih rating, mungkin bahan jenis ini sy tempatkan sejajar dgn polyurethane.

5. ABS
bahan ini yang akhir2 ini booming di pasaran. Karakternya mirip dgn FRP composite, hanya sedikit lebih fleksibel. Namun harga selevel dibawah FRP. Beratnya 11-12 dgn fiberglass. Kalau disuruh kasih rating, sy tempatkan bahan ini di posisi antara polyurethane dgn fiberglass. Ini bahan yg sy rekomendasikan bagi orang2 yang ingin membeli bodykit motor secara umum (tdk hanya moge). Harga masih masuk kategori murah, tp kekuatan beberapa step di atas fiberglass.


Disadur dari FB Arief Setiawan / Kiming

Tidak ada komentar: