Rabu, 18 Januari 2012

Tips membeli barang limbah otomotif

1. hindari penjual yang kurang memiliki wawasan ttg dunia otomotif, ini akan keliatan ketika agan2 ngajak ngobrol entah via chat atau telpon langsung. biar bagaimana pun, wawasan seseorang akan terlihat dr cara dia bicara. bisa juga dia memajang foto di fb tapi dengan deskripsi yang salah atau kurang lengkap.

2. hindari penjual yang kurang mengerti dgn barang yang dijualnya sendiri. salah deskripsi, salah penjelasan, bahkan tidak hafal tipe motor sendiri (kebangetan).

3. jangan terkecoh hanya karena foto. bisa jadi foto diambil dari penjual lain atau kalaupun ada foto si penjual disitu, blm tentu barang yg difoto itu sama dgn yg akan si pembeli terima. kembali lagi ke kredibilitas penjual. ada juga yg majang resi2 pengiriman, pdhal itu dr lapak orang lain.

4. cari penjual yang kasih garansi 100% uang kembali kalau barang yg dijual tdk sesuai dgn deskripsi tertulis atau foto. klo ada penjual yg kasih garansi 100%, ngapain pilih yang gk kasih garansi??? limbah moge bukan barang murah soalnya, sayang klo gk ada garansinya

5. cari penjual yang bisa memberikan saran untuk anda. bagaimana pun juga, penjual biasanya lbh hafal mana yang terbaik utk motor agan2. cari yang bisa memberikan penjelasan sejelas2nya, menyampaikan kelebihan dan kekurangannya. hati2 dgn penjual yg slogannya "asal barang laku", penjual macam ini tanda bahwa dirinya kejar setoran harus laku karena barangnya gk laku2, hati2.

6. cari penjual yg identitasnya sejelas mungkin, sebaiknya hindari penjual yg memakai nama palsu, atau alay, dll. karena penjual2 model gini akan susah agan2 minta pertanggung jawabannya kalau ada apa2 dgn barang yg agan2 beli, gimana minta tanggung jawab klo nama nya aja gk jelas. klo akan melakukan transaksi yg cukup besar dan agan2 ragu, minta aja foto ktp atau paspornya, sebagai jaminan klo si penjual macem2 atau tdk sesuai perjanjian, bisa dilaporkan ke polisi dgn jelas.

7. cari penjual yang bonafid. nah ini nilai tambah si penjual. misal agan2 mau beli ferrari second. apa agan2 percaya klo ada orang nawarin ferrari second pdhal sehari2 dia bekerja sebagai tukang bangunan???? apa agan2 akan kemakan rayuan meskipun dia memajang foto bersama dgn ferrari????? begitu juga dgn limbah moge, ke-bonafid-an penjual menjadi nilai yg atut dipertimbangkan. penilaiannya bisa diliat dr afiliasi/tempat bekerja, tracj recordnya di club motor (kalau si penjual juga anak club motor), background pendidikan, hasil modifikasinya (kalau penjual adalah modifikator), dll.


Disadur dari Arief Setiawan / Kiming

Tidak ada komentar: