Sehubungan
dengan pesatnya perkembangan olahraga sepeda yang sedang “ booming”,
serta semakin banyaknya peminat olahraga sepeda offroad ( MTB ) yang
berkumpul di JPG, maka izinkan kami untuk memberikan informasi dan tips
yang benar cara bersepeda yang aman, enjoy, dan cepat dalam menaklukan
tanjakan, turunan, tikungan, jalan setapak di trek tercinta kita JPG
MOUNTAIN BIKE PARK atau yang lebih dikenal trek JALUR PIPA GAS –
lengkong gudang , BSD Serpong. Mengingat akan terjadinya beberapakali
kecelakaan dan hearth attack saat bersepeda offroad dari beberapa
rekan-rekan kita yang pernah mengalami.
Adapun persiapan sebelum memasuki trek adalah sebagai berikut :
Safety First / Braking System
1. Sebelum memasuki trek JPG dimohon agar mempersiapkan kondisi sepeda...dimulai dari pengecekan tekanan angin ban ( trek kering ban depan 28 - 30 psi / ban belakang 35 - 40 psi ) untuk ( trek basah ban depan 25 - 30 psi / ban belakang 35 - 38 psi ) " sesuai berat sepeda dan berat badan "
2. pengecekan kondisi rem depan dan rem belakang, biasakan saat kita berada di turunan dalam trek, melakukan pengereman dengan cara 70 % rem depan - 30 % rem belakang saat di turunan....tekan rem sehalus mungkin saat kondisi trek basah / licin, bukan langsung di tekan 100 % sekuat-kuatnya saat kita kaget bila di depan kita ada sesuatu halangan baik berupa lobang yang dalam ataupun batu / kayu yang besar....jika kecepatan msh bisa dimungkinkan untuk berhenti...gunakan rem depan 70 % dan rem belakang 30 % utk memberhentikan laju sepeda kita....atau jika tidak memungkinkan untuk berhenti di turunan, lepas sesaat jari kita dari brake lever / tuas rem depan ...biarkan jari kita tetap menekan rem belakang 30% agar kita bisa bermanuver melindas / menghindari halangan di depan kita agar tidak terjatuh salto… kemudian tekan kembali rem depan sehalus mungkin untuk memperlambat laju sepeda...." BELAJARLAH MEMBERHENTIKAN LAJU SEPEDA SAAT DI TURUNAN YANG CURAM SEHALUS MUNGKIN....JIKA SUDAH TERBIASA SILAHKAN DICOBA MEMINIMALISIR MENEKAN BRAKE LEVER"
3. persiapkan air dalam botol minum secukupnya,( disarankan minuman berisotonik ) biasakan mencari 2 titik lokasi untuk kita minum dalam 1 lap di JPG....tentukan lokasi kita untuk minum pada saat detak jantung kita tinggi ( high pulse 160 - 180 per menit sesuai umur dan jam terbang latihan )....sudah saatnya untuk minum dan recovery tanpa berhenti....kemudian lanjutkan sampai titik yang ke 2 sebelum tempat finish…atur ritme kayuhan dan detak jantung…..sebelum kita mengambil botol minum pandangan wajib sejauh mata memandang, usahakan di jalan yg halus dan lebar… memori apa yg akan kita lalui…ambil botol dan minum dengan posisi botol menyamping dari mulut agar pandangan kedua mata kita tidak terhalang oleh botol minum.
4. gunakan sarung tangan sepeda ( gloves ) dan helmet dengan benar…genggam handle bar dengan cengkraman yang kuat …masih cukup banyak kita lihat para MTB’ers dengan posisi cengkraman yang salah, kaku., posisi lengan yang lurus…padahal posisi yang benar kekuatan tangan berada pada lengan bahu atas dan dampal tangan….” KUAT AKAN TETAPI LENTUR DAN FLEXIBLE”….gunakan lengan kita juga sebagai suspensi….posisi sikut pada lengan sedikit mengembang ke atas….seperti riders motocross dan moto road race…..posisi lengan mereka seakan terlihat seperti orang “ sombong “ hahaha….tetapi itulah yang benar….
5. berikan pelumas pada rantai sepeda
6. gunakan shifter perpindahan gear dengan benar dan sehalus mungkin tanpa mengurangi RPM agar tidak mengalami putus rantai atau patah RD saat tanjakan....biasakan tekan shifter sekaligus 2-3 gear sprocket belakang sebelum memasuki tikungan / tanjakan atau gunakan shifter chain ring gear depan...pelankan sekejab putaran kaki kita sampai rantai pindah tepat ke sprocket / sproket....kemudian putar kembali RPM untuk tanjakan ( posisi badan condong ke depan menekan handlebar / posisi duduk berada di ujung depan sadel....silahkan dicoba jika anda merasa kuat menanjak dengan torsi jika mampu....( posisi badan berdiri condong ke depan jika menanjak dengan power/torsi )
7. di trek setapak seperti galangan sawah....tetap saja gowes sepeda kita agar keseimbangan tetap terjaga.....jika anda merasa laju sepeda terlalu cepat, tekan sedikit rem dpn - blk tetapi tetap digowes agar seimbang…..sekali lagi “ GENGGAM HANDLE BAR YANG KUAT, POSISI LENGAN YANG MENGEMBANG KE ATAS TETAPI LENTUR “
8. berikan celah jalan kepada rekan – rekan yang ingin menyalip…biasanya terdengan kata “ TREK TREK “ atau permisi …sebaliknya jika kita ingin menyalip gunakan kata-kata tersebut….JPG adalah salah satu tempat favourite untuk latihan balap karena trek nya yg lumayan cukup lengkap dari segi tehnikal…banyak para pesepeda yang suka balap berlatih di JPG….tidak tertutup kemungkinan nantinya bagi para pemula otomatis sendirinya akan suka dengan balap MTB saat mereka merasa kondisi fisik semakin prima dan pengalaman pun bertambah….Saling menghormati dan peduli akan menjadikan kebersamaan yang bertujuan terus mengembangkan olahraga MTB kepada saudara kita, orang tua kita, sahabat dan kawan-kawan. Di arena Balap kita lawan….disaat kumpul kita teman….
Salam JPG’ers
Adapun persiapan sebelum memasuki trek adalah sebagai berikut :
Safety First / Braking System
1. Sebelum memasuki trek JPG dimohon agar mempersiapkan kondisi sepeda...dimulai dari pengecekan tekanan angin ban ( trek kering ban depan 28 - 30 psi / ban belakang 35 - 40 psi ) untuk ( trek basah ban depan 25 - 30 psi / ban belakang 35 - 38 psi ) " sesuai berat sepeda dan berat badan "
2. pengecekan kondisi rem depan dan rem belakang, biasakan saat kita berada di turunan dalam trek, melakukan pengereman dengan cara 70 % rem depan - 30 % rem belakang saat di turunan....tekan rem sehalus mungkin saat kondisi trek basah / licin, bukan langsung di tekan 100 % sekuat-kuatnya saat kita kaget bila di depan kita ada sesuatu halangan baik berupa lobang yang dalam ataupun batu / kayu yang besar....jika kecepatan msh bisa dimungkinkan untuk berhenti...gunakan rem depan 70 % dan rem belakang 30 % utk memberhentikan laju sepeda kita....atau jika tidak memungkinkan untuk berhenti di turunan, lepas sesaat jari kita dari brake lever / tuas rem depan ...biarkan jari kita tetap menekan rem belakang 30% agar kita bisa bermanuver melindas / menghindari halangan di depan kita agar tidak terjatuh salto… kemudian tekan kembali rem depan sehalus mungkin untuk memperlambat laju sepeda...." BELAJARLAH MEMBERHENTIKAN LAJU SEPEDA SAAT DI TURUNAN YANG CURAM SEHALUS MUNGKIN....JIKA SUDAH TERBIASA SILAHKAN DICOBA MEMINIMALISIR MENEKAN BRAKE LEVER"
3. persiapkan air dalam botol minum secukupnya,( disarankan minuman berisotonik ) biasakan mencari 2 titik lokasi untuk kita minum dalam 1 lap di JPG....tentukan lokasi kita untuk minum pada saat detak jantung kita tinggi ( high pulse 160 - 180 per menit sesuai umur dan jam terbang latihan )....sudah saatnya untuk minum dan recovery tanpa berhenti....kemudian lanjutkan sampai titik yang ke 2 sebelum tempat finish…atur ritme kayuhan dan detak jantung…..sebelum kita mengambil botol minum pandangan wajib sejauh mata memandang, usahakan di jalan yg halus dan lebar… memori apa yg akan kita lalui…ambil botol dan minum dengan posisi botol menyamping dari mulut agar pandangan kedua mata kita tidak terhalang oleh botol minum.
4. gunakan sarung tangan sepeda ( gloves ) dan helmet dengan benar…genggam handle bar dengan cengkraman yang kuat …masih cukup banyak kita lihat para MTB’ers dengan posisi cengkraman yang salah, kaku., posisi lengan yang lurus…padahal posisi yang benar kekuatan tangan berada pada lengan bahu atas dan dampal tangan….” KUAT AKAN TETAPI LENTUR DAN FLEXIBLE”….gunakan lengan kita juga sebagai suspensi….posisi sikut pada lengan sedikit mengembang ke atas….seperti riders motocross dan moto road race…..posisi lengan mereka seakan terlihat seperti orang “ sombong “ hahaha….tetapi itulah yang benar….
5. berikan pelumas pada rantai sepeda
6. gunakan shifter perpindahan gear dengan benar dan sehalus mungkin tanpa mengurangi RPM agar tidak mengalami putus rantai atau patah RD saat tanjakan....biasakan tekan shifter sekaligus 2-3 gear sprocket belakang sebelum memasuki tikungan / tanjakan atau gunakan shifter chain ring gear depan...pelankan sekejab putaran kaki kita sampai rantai pindah tepat ke sprocket / sproket....kemudian putar kembali RPM untuk tanjakan ( posisi badan condong ke depan menekan handlebar / posisi duduk berada di ujung depan sadel....silahkan dicoba jika anda merasa kuat menanjak dengan torsi jika mampu....( posisi badan berdiri condong ke depan jika menanjak dengan power/torsi )
7. di trek setapak seperti galangan sawah....tetap saja gowes sepeda kita agar keseimbangan tetap terjaga.....jika anda merasa laju sepeda terlalu cepat, tekan sedikit rem dpn - blk tetapi tetap digowes agar seimbang…..sekali lagi “ GENGGAM HANDLE BAR YANG KUAT, POSISI LENGAN YANG MENGEMBANG KE ATAS TETAPI LENTUR “
8. berikan celah jalan kepada rekan – rekan yang ingin menyalip…biasanya terdengan kata “ TREK TREK “ atau permisi …sebaliknya jika kita ingin menyalip gunakan kata-kata tersebut….JPG adalah salah satu tempat favourite untuk latihan balap karena trek nya yg lumayan cukup lengkap dari segi tehnikal…banyak para pesepeda yang suka balap berlatih di JPG….tidak tertutup kemungkinan nantinya bagi para pemula otomatis sendirinya akan suka dengan balap MTB saat mereka merasa kondisi fisik semakin prima dan pengalaman pun bertambah….Saling menghormati dan peduli akan menjadikan kebersamaan yang bertujuan terus mengembangkan olahraga MTB kepada saudara kita, orang tua kita, sahabat dan kawan-kawan. Di arena Balap kita lawan….disaat kumpul kita teman….
Salam JPG’ers
Tidak ada komentar:
Posting Komentar