Ada strategi Public Relations (PR) di
balik hampir setiap berita, profil, atau review sebuah perusahaan. Tentu
saja, membuat reporter atau media tertarik untuk menuliskan review
tentang perusahaan dibutuhkan strategi PR yang tepat.
Anda mungkin tak punya anggaran PR yang
besar untuk menjaga reputasi sekaligus membangun awareness perusahaan.
Lantaran, harus menggandeng agensi atau konsultan PR besar guna membantu
memaksimalkan strategi PR. Tak perlu khawatir. Sebab, tak memiliki
anggaran bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan strategi PR yang
jitu. Dengan sedikit riset, perencanaan yang tepat, dan usaha yang
aktif, Anda dapat menjalankan fungsi PR sendiri. Antara lain, membangun
awareness korporat, bahkan memelihara komunikasi menjadi tetap segar
sekaligus kreatif.
Berikut ini adalah strategi PR dengan
budget yang terjangkau, namun tetap efektif untuk meningkatkan bisnis
sekaligus corporate engagement.
1. Berteman dengan Influencer dari Industri yang Digeluti
Langkah pertama dalam menciptakan strategi komunikasi yang baik adalah menciptakan hubungan dengan orang yang tepat. Hal itu berlaku, terutama jika Anda melakukan PR perusahaan Anda sendiri. Mengapa? Karena, Anda tidak memiliki daftar media sekuat konsultan atau agensi PR, guna mengeksekusi strategi PR perusahaan Anda.
Langkah pertama dalam menciptakan strategi komunikasi yang baik adalah menciptakan hubungan dengan orang yang tepat. Hal itu berlaku, terutama jika Anda melakukan PR perusahaan Anda sendiri. Mengapa? Karena, Anda tidak memiliki daftar media sekuat konsultan atau agensi PR, guna mengeksekusi strategi PR perusahaan Anda.
Margie Zable Fisher, Pendiri Zable
Fisher Public Relations, mengatakan bahwa langkah ini menjadi penting
bagi perusahaan untuk melakukan due diligence dan mengidentifikasi
konten yang tepat yang sesuai dengan wartawan yang memang meliput di
industri yang digeluti. Selanjutnya, Anda harus mampu menjangkau
sekaligus menumbuhkan hubungan dengan influencer tersebut dengan
mengirim pesan korporat atau brand.
Bahkan, jika wartawan tidak dapat
menulis tentang korporat atau brand Anda pada awalnya, Pendiri dan
Presiden GEM Strategic Communications Meghan Gross menyarankan bahwa PR
harus tetap mencoba untuk menjaga komunikasi secara rutin dengan mereka.
Hal itu penting agar Anda tetap memiliki pengaruh besar serta berada
pada radar mereka (jurnalis yang notabene infulencer–red).
2. Segarkan Pesan Komunikasi
Anda tidak mampu mendapatkan perhatian pers atau jurnalis? Sementara, Anda mungkin ingin me-make over pesan Anda. Gross menyarankan agar Anda sebagai PR menganalisis beberapa pesaing Anda. Bahkan, kalau perlu menciptakan “peta pesan” dengan mengidentifikasi frase kunci dan poin pesan dari para pesaing. Termasuk, membandingkan mereka dengan pesan yang sudah Anda buat sendiri.
Anda tidak mampu mendapatkan perhatian pers atau jurnalis? Sementara, Anda mungkin ingin me-make over pesan Anda. Gross menyarankan agar Anda sebagai PR menganalisis beberapa pesaing Anda. Bahkan, kalau perlu menciptakan “peta pesan” dengan mengidentifikasi frase kunci dan poin pesan dari para pesaing. Termasuk, membandingkan mereka dengan pesan yang sudah Anda buat sendiri.
Dengan “memetakan pesan”, maka Anda
dapat melihat dengan jelas posisi perusahaan Anda di antara para
pesaing. Anda pun dapat menyesuaikan pesan yang memang diperlukan
perusahaan. Bila Anda memperbarui pesan media, pastikan untuk mengetahui
berbagai sudut cerita yang berbeda, yang Anda dapat “jual” kepada
media. Langkah itu penting untuk mengundang media yang awalnya mungkin
tidak tertarik untuk menulis sepotong pesan dari Anda, yang pada
dasarnya pesan tersebut merupakan “sebuah iklan” untuk perusahaan Anda.
“Wartawan tidak hanya menulis tentang
bagaimana luar biasanya perusahaan Anda atau bagaimana indahnya
perusahaan Anda. Wartawan ingin belajar tentang apa yang telah
perusahaan Anda lakukan, kendala yang harus diatasi, hingga perusahaan
Anda bisa memperoleh sukses di posisi sekarang. Cerita adalah jantung
dan jiwa dari sebuah PR,” kata Jenny Finke, pendiri Red Jeweled Media,
mengingatkan.
3. Menghubungkan Setiap Pesan PR dengan Tren
Mengaitkan setiap pesan korporat dengan tren tengah happening di masyarakat merupakan salah satu strategi PR yang jitu. Oleh karena itu, memanfaatkan momentum merupakan cara yang bagus untuk menawarkan cerita yang tepat di waktu yang tepat. Lihatlah agenda acara satu atau dua bulan ke depan. Apakah ada perayaan hari nasional, hari raya besar, atau tren yang lainnya. PR dapat memanfaatkan hal itu sebagai momentum.
Mengaitkan setiap pesan korporat dengan tren tengah happening di masyarakat merupakan salah satu strategi PR yang jitu. Oleh karena itu, memanfaatkan momentum merupakan cara yang bagus untuk menawarkan cerita yang tepat di waktu yang tepat. Lihatlah agenda acara satu atau dua bulan ke depan. Apakah ada perayaan hari nasional, hari raya besar, atau tren yang lainnya. PR dapat memanfaatkan hal itu sebagai momentum.
Gross merekomendasikan untuk menciptakan
infografis di antara tren tersebut guna menempatkan perusahaan Anda ke
dalam konteks tersebut. Kemudian, PR dapat membuat pesan yang tepat bagi
wartawan. “Infografis haruslah konten asli yang bagus untuk disebar
melalui jaringan sosial dan pelanggan Anda,” kata Gross.
4. Distribusikan Siaran Pers Melalui Multimedia
Jika Anda ingin mencapai publikasi yang besar dari siaran pers yang Anda kirim, maka Anda dapat mencoba layanan distribusi yang akan mengirimkan rilis berita Anda kepada banyak wartawan nasional dan lokal. Layanan ini tidak selalu gratis. PRWeb, salah satu layanan yang paling terkenal, menawarkan tarif $99 untuk siaran pers awal. Uang tersebut dapat dibelanjakan dengan baik lewat layanan itu, jika Anda memang tertarik untuk menyebarkan berita tentang perusahaan Anda dengan cepat dan efektif.
Jika Anda ingin mencapai publikasi yang besar dari siaran pers yang Anda kirim, maka Anda dapat mencoba layanan distribusi yang akan mengirimkan rilis berita Anda kepada banyak wartawan nasional dan lokal. Layanan ini tidak selalu gratis. PRWeb, salah satu layanan yang paling terkenal, menawarkan tarif $99 untuk siaran pers awal. Uang tersebut dapat dibelanjakan dengan baik lewat layanan itu, jika Anda memang tertarik untuk menyebarkan berita tentang perusahaan Anda dengan cepat dan efektif.
“Oleh karena itu, lakukalah ‘aktif’
Public Relations, bahkan tanpa rencana komunikasi strategis sekalipun.
Jika memungkinkan, Anda dapat menguji dan mengasah pesan korporat Anda
secara real time, guna mendapatkan umpan balik dari pelanggan maupun
stakeholder,” Gross menutup.
Source : Mix Marketing on FB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar