Marketing strategy – marketing strategy atau strategi pemasaran
merupakan penjelasan dari sasaran yang dibutuhkan untuk mencapai segala
upaya pemasaran Anda. Ini adalah soal “apa” yang ingin Anda capai.
Strategi pemasaran Anda terbentuk oleh sasaran bisnis Anda. Tujuan
bisnis dan strategi pemasaran anda harus berjalan beriringan.
Marketing Plan
– marketing plan atau rencana pemasaran merupakan cara bagaimana Anda
mencapai sasaran pemasaran. Hal tersebut adalah penerapan strategi Anda
sekaligus roadmap yang yang akan memandu Anda dari satu titik
ke titik lainnya. Berbeda dari strategi, rencana pemasaran adalah soal
“bagaimana” Anda mencapai tujuan pemasaran.
Persoalannya, kebanyakan orang berusaha
untuk mencapai “bagaimana” tanpa terlebih dahulu mengetahui “apa.” Hal
ini bisa berakhir dengan membuang-buang sumber daya bagi perusahaan,
baik waktu maupun uang.
Ketika bicara tentang pemasaran, kita
harus senantiasa mengenali apa dan kemudian menggalibagaimana. Strategi
adalah pemikiran, sementara perencanaan adalah tindakan. Berikut adalah
contoh bagaimana keduanya bekerja:
- Tujuan: Untuk mendapatkan adopsi pasar yang lebih luas.
- Strategi Pemasaran: Mengenalkan ke segmen pasar baru.
- Marketing plan: mengembangkan kampanye pemasaran, mengidentifikasi, dan memfokuskan pada segmen tertentu.
Sebuah formula sukses yang dapat
digunakan untuk lebih menjelaskan betapa pentingnya marketing strategy
dan marketing plan terlihat seperti ini:
Marketing strategy —> marketing plan —> Pelaksanaan = Sukses
strategi pemasaran Anda terdiri dari:
- “Apa” yang harus dilakukan.
- Menginformasikan kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
- Menginformasikan kepada konsumen faktor perbedaan.
Rencana pemasaran Anda terdiri dari:
- “Bagaimana” untuk melakukannya. Buatlah kampanye marketing dan promosi yang akan mencapai “apa” di dalam strategi Anda.
Jika Anda sedang mempersiapkan strategi
pemasaran dan rencana pemasaran untuk masuk ke dalam perencanaan bisnis
Anda, berikut adalah komponen penting yan harus Anda masukkan ke setiap
bagian:
- Komponen dari Strategi Pemasaran Anda:
- Eksternal Pemasaran Pesan
- Dalam Penentuan posisi Sasaran
- Jangka Pendek Tujuan dan Sasaran
- Jangka Panjang Tujuan dan Sasaran
Tantangan anda
Uraian singkat produk atau jasa yang akan dipasarkan dan rekapan tujuan yang diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
Analisis Situasi
Bagian ini harus mengidentifikasi hal berikut:
- Sasaran
- Fokus
- Kultur
- Kekuatan
- Kelemahan
- Pangsa pasar
Analisis Pesaing Anda
Apa posisi pemasaran Anda? Apa posisi
pasar mereka? Apa saja nilai-nilai yang menggerakkan mereka? Apa
kelemahan Anda? Apa pangsa pasar yang Anda mengejar? Apa yang memiliki
pangsa pasar pesaing Anda sudah disadap?
Identifikasi 4 P Anda (Produk / Price / Place/ Promotion)
Bagaimana Anda akan menggunakan informasi ini untuk mencapai tujuan yang telah diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
Seperti yang Anda lihat, strategi
pemasaran Anda berjalan beriringan dengan rencana pemasaran Anda. Tanpa
keduanya, Anda tidak saja membuang-buang sumber daya, tetapi Anda juga
bisa terjebak dan berakhir tanpa ide dan kemana Anda harus pergi.
Hal lain yang penting adalah jangan lupa
untuk mengukur kampanye pemasaran apapun yang Anda lakukan dalam rangka
untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Anda dapat
menggunakan informasi ini untuk memandu Anda di masa depan. ( copy from : Fortune Indonesia )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar