Selasa, 31 Juli 2012

Scrambler

SCRAMBLER....istilah/penamaan ini digunakan untuk menyebut motor jalanan (street bikes) yang dimodifikasi untuk peruntukan segala medan,bisa aspal,gunung,padang rumput,pasir ato istilah kerennya cross country.

karakter dari scrambler ini mempunyai ciri khas di knalpot yg tinggi (untuk melewati lumpur atau nyebrang sungai)tapi kadang knalpot standar juga sering dipakai, stang lebar ala motorcross dan penggunaan ban segala medan.Dan printilan yang ngga penting yang ada di motor kadang dilepas untuk mengejar bobot yang ringan.

*sumber wikipedia


 Apa itu motor scrambler? kembali ke tahun 50-an,di Inggris ada salah satu jenis kompetisi yang disebut scramble (berebut(?)).Khas olahraga Inggris, ada beberapa aturan, mulai dari start-finish secepat mungkin dan kebanyakan trek-nya adalah cross country (lintas alam).
Kata scramble sendiri yg artinya memanjat atau bergerak cepat dengan satu tangan dan kaki.
Dan olahraga ini berkembang menjadi trials,dimana motor bisa berjalan lambat pas mendaki tapi bila kaki menyentuh bawah akan kekurangan point.Atau motorcross bisa berlari cepat di trek tertentu dengan beberapa lap/putaran.Di USA,california ada desert scrambles/lintas gurun,dimana motor jalanan dimodifikasi menjadi balap off road,ini sebelum motor spesial off road/special engine ada.

Di pertengahan 60-an "street scramble" diciptakan,yang kebanyakan adalah konsep marketing : motor jalanan yang dimodifikasi supaya bisa digunakan untuk off road.Ini adalah pendahulu dari SUV modern."Street Scramble" mempunyai tangki lebih kecil dari model motor jalanan (street bike),tidak diketahui mengapa memakai tangki kecil,yang biasanya untuk kompetisi memerlukan tangki yg lebih besar untuk menyelesaikan pertandingan.Alasan memakai knalpot tinggi dikarenakan bila melewati aliran sungai/lumpur mesin bisa terjebak atau mati bila memakai knalpot pendek.Setang lebar dengan crossbar dipakai untuk berjaga2 bila jatuh.Rem depan memakai tromol/drum,bukan cakram,karena orang offroad 70-an tidak percaya dengan cakram .Spakbor pendek, lampu kecil dan selain itu tidak ada yg dirubah.

Dengan perubahan menjadi scrambler,motor menjadi tidak nyaman untuk jalanan,knalpot yg melewati kaki penumpang dan tangki kecil mesti sering diisi.

Namun daya tarik terbesar adalah bahwa dengan scrambler, Anda bisa membayangkan terus berjalan bahkan jika jalan aspal sudah habis.Perasaan itu tidak akan pernah hilang.

*sumber lost motorcyclist,terjemahan bebas

Senin, 23 Juli 2012

Tips and Trick MTB

Sehubungan dengan pesatnya perkembangan olahraga sepeda yang sedang “ booming”, serta semakin banyaknya peminat olahraga sepeda offroad ( MTB ) yang berkumpul di JPG, maka izinkan kami untuk memberikan informasi dan tips yang benar cara bersepeda yang aman, enjoy, dan cepat dalam menaklukan tanjakan, turunan, tikungan, jalan setapak di trek tercinta kita JPG MOUNTAIN BIKE PARK atau yang lebih dikenal trek JALUR PIPA GAS – lengkong gudang , BSD Serpong. Mengingat akan terjadinya beberapakali kecelakaan dan hearth attack saat bersepeda offroad dari beberapa rekan-rekan kita yang pernah mengalami.

Adapun persiapan sebelum memasuki trek adalah sebagai berikut :

Safety First / Braking System

1. Sebelum memasuki trek JPG dimohon agar mempersiapkan kondisi sepeda...dimulai dari pengecekan tekanan angin ban ( trek kering ban depan 28 - 30 psi / ban belakang 35 - 40 psi ) untuk ( trek basah ban depan 25 - 30 psi / ban belakang 35 - 38 psi ) " sesuai berat sepeda dan berat badan "

2. pengecekan kondisi rem depan dan rem belakang, biasakan saat kita berada di turunan dalam trek, melakukan pengereman dengan cara 70 % rem depan - 30 % rem belakang saat di turunan....tekan rem sehalus mungkin saat kondisi trek basah / licin, bukan langsung di tekan 100 % sekuat-kuatnya saat kita kaget bila di depan kita ada sesuatu halangan baik berupa lobang yang dalam ataupun batu / kayu yang besar....jika kecepatan msh bisa dimungkinkan untuk berhenti...gunakan rem depan 70 % dan rem belakang 30 % utk memberhentikan laju sepeda kita....atau jika tidak memungkinkan untuk berhenti di turunan, lepas sesaat jari kita dari brake lever / tuas rem depan ...biarkan jari kita tetap menekan rem belakang 30% agar kita bisa bermanuver melindas / menghindari halangan di depan kita agar tidak terjatuh salto… kemudian tekan kembali rem depan sehalus mungkin untuk memperlambat laju sepeda...." BELAJARLAH MEMBERHENTIKAN LAJU SEPEDA SAAT DI TURUNAN YANG CURAM SEHALUS MUNGKIN....JIKA SUDAH TERBIASA SILAHKAN DICOBA MEMINIMALISIR MENEKAN BRAKE LEVER"

3. persiapkan air dalam botol minum secukupnya,( disarankan minuman berisotonik ) biasakan mencari 2 titik lokasi untuk kita minum dalam 1 lap di JPG....tentukan lokasi kita untuk minum pada saat detak jantung kita tinggi ( high pulse 160 - 180 per menit sesuai umur dan jam terbang latihan )....sudah saatnya untuk minum dan recovery tanpa berhenti....kemudian lanjutkan sampai titik yang ke 2 sebelum tempat finish…atur ritme kayuhan dan detak jantung…..sebelum kita mengambil botol minum pandangan wajib sejauh mata memandang, usahakan di jalan yg halus dan lebar… memori apa yg akan kita lalui…ambil botol dan minum dengan posisi botol menyamping dari mulut agar pandangan kedua mata kita tidak terhalang oleh botol minum.

4. gunakan sarung tangan sepeda ( gloves ) dan helmet dengan benar…genggam handle bar dengan cengkraman yang kuat …masih cukup banyak kita lihat para MTB’ers dengan posisi cengkraman yang salah, kaku., posisi lengan yang lurus…padahal posisi yang benar kekuatan tangan berada pada lengan bahu atas dan dampal tangan….” KUAT AKAN TETAPI LENTUR DAN FLEXIBLE”….gunakan lengan kita juga sebagai suspensi….posisi sikut pada lengan sedikit mengembang ke atas….seperti riders motocross dan moto road race…..posisi lengan mereka seakan terlihat seperti orang “ sombong “ hahaha….tetapi itulah yang benar….

5. berikan pelumas pada rantai sepeda

6. gunakan shifter perpindahan gear dengan benar dan sehalus mungkin tanpa mengurangi RPM agar tidak mengalami putus rantai atau patah RD saat tanjakan....biasakan tekan shifter sekaligus 2-3 gear sprocket belakang sebelum memasuki tikungan / tanjakan atau gunakan shifter chain ring gear depan...pelankan sekejab putaran kaki kita sampai rantai pindah tepat ke sprocket / sproket....kemudian putar kembali RPM untuk tanjakan ( posisi badan condong ke depan menekan handlebar / posisi duduk berada di ujung depan sadel....silahkan dicoba jika anda merasa kuat menanjak dengan torsi jika mampu....( posisi badan berdiri condong ke depan jika menanjak dengan power/torsi )

7. di trek setapak seperti galangan sawah....tetap saja gowes sepeda kita agar keseimbangan tetap terjaga.....jika anda merasa laju sepeda terlalu cepat, tekan sedikit rem dpn - blk tetapi tetap digowes agar seimbang…..sekali lagi “ GENGGAM HANDLE BAR YANG KUAT, POSISI LENGAN YANG MENGEMBANG KE ATAS TETAPI LENTUR “

8. berikan celah jalan kepada rekan – rekan yang ingin menyalip…biasanya terdengan kata “ TREK TREK “ atau permisi …sebaliknya jika kita ingin menyalip gunakan kata-kata tersebut….JPG adalah salah satu tempat favourite untuk latihan balap karena trek nya yg lumayan cukup lengkap dari segi tehnikal…banyak para pesepeda yang suka balap berlatih di JPG….tidak tertutup kemungkinan nantinya bagi para pemula otomatis sendirinya akan suka dengan balap MTB saat mereka merasa kondisi fisik semakin prima dan pengalaman pun bertambah….Saling menghormati dan peduli akan menjadikan kebersamaan yang bertujuan terus mengembangkan olahraga MTB kepada saudara kita, orang tua kita, sahabat dan kawan-kawan. Di arena Balap kita lawan….disaat kumpul kita teman….

Salam JPG’ers

Kamis, 19 Juli 2012

Asal usul VW kodok / type 1


VW Kodok, atau resminya VW Type 1, adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen. Juga dikenal dengan Beetle atau Bug dalam bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman, WV Kodok merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya.



VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat terhenti oleh Perang Dunia II. Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat.

Dalam sebuah polling internasional untuk penghargaan mobil yang paling berpengaruh, VW Kodok menempati peringkat keempat setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS.

Asal mula mobil ini berasal dari jaman Nazi Jerman pada tahun 1930an. Adolf Hitler menginginkan agar kendaraan pribadi dapat tersedia untuk masyarakat umum, dan menugaskan seorang insinyur, Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut. Hitler mensyaratkan bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak kecil, pada kecepatan 100 km/jam, dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga boncengan samping sepeda motor pada waktu itu.

Perancang mobil yang sebenarnya masih kontroversial, karena walaupun secara resmi Ferdinand Porsche adalah perancangnya, pada 1920-an, Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip. Mobil tersebut lebih kecil dan lebih murah, namun para produsen mobil tidak tertarik, justru dua produsen sepeda motor yang tertarik. Adler memproduksi Maikäfer, dan Standard memproduksi Superior, dan mengkampanyekan dalam iklan sebagai ‘Der Deutsche Volkswagen’ (mobil rakyat Jerman).

Ketika Nazi mulai berkuasa, mereka menyukai Superior, namun tidak lama kemudian, Joseph Ganz dimasukkan ke penjara. (Ia kemudian kabur ke Swiss). Kemungkinan alasan dipenjaranya Ganz adalah karena Nazi mengetahui bahwa ia adalah seorang Yahudi. Pemerintah Nazi kemudian mendekati Porsche, yang merancang prototipe mobil yang mirip dengan Superior, yang dinamakan Käfer. Menurut Volkswagen, tidak hanya Ganz yang telah merancang mobil dengan desain mirip, dan Käfer sendiri bukan didesain berdasarkan rancangan Ganz.
Perusahaan Volkswagen dapat bertahan setelah Perang Dunia atas usaha seorang tentara Inggris, Mayor Ivan Hirst. Setelah perang, Hirst diperintah untuk mengepalai pabrik yang telah rusak dibombardir Sekutu dan dikuasai Amerika Serikat. Dimulai dengan usahanya membuang bom yang tidak meledak yang tersangkut di antara mesin produksi, ia kemudian berhasil meyakinkan angkatan bersenjata Inggris untuk memesan 20.000 mobil. Pada tahun 1946, pabrik tersebut telah dapat memproduksi 1.000 mobil per bulan.

Produksi VW Kodok “Type 1″ berkembang pesat dari tahun ke tahun, dan pada 1954 mencapai 1 juta mobil. Pada 1973, produksi telah mencapai 16 juta, dan popularitas mobil telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Mobil ini memiliki nama julukan yang berbeda-beda pada setiap negara, namanya biasanya berupa istilah yang mencoba menggambarkan bentuknya yang unik: Käfer di Jerman; Sedan, lalu Fusca di Brasil; Coccinelle di Perancis; Σκαθάρι (Scathari yang berarti kumbang) atau Σκαραβαίος (Scaraveos yang berarti kumbang jenis Scarabaeidae) di Yunani; Maggiolino di Italia; Sedán atau Vocho di Meksiko; Kever di Belanda; kotseng kuba (yang berarti ‘mobil punggung bongkok’)/”pagong” (kura-kura) di Filipina; Garbus (yang berarti ‘Bongkok’) in Polandia; Brouk di Republik Ceko; Carocha di Portugal; Escarabajo di Spanyol dan Amerika Latin; Hipushit di Israel; Косτенурка (Kostenurka) di Bulgaria (yang berarti kura-kura); عقروقة (Ag-ru-ga) in Iraq; Boble (gelembung) di Norwegia; Buba di Kroasia; Bug di Amerika Serikat, dan tentunya Kodok di Indonesia.

Source : Modcom

Selasa, 17 Juli 2012

Perencanaan dana pensiun

Kapan sebaiknya seseorang harus mulai berinvestasi? Jawabannya, tergantung kebutuhan dan gaya hidup seperti apa yang diinginkan. Tapi jika investasi ditujukan untuk perencanaan dana pensiun, maka semakin dini akan semakin baik.

"Waktu yang tepat berinvestasi adalah saat kita punya uang, dan ketika kita merasa bahwa harga (saham) tersebut sudah tepat," tutur Financial planner Aidil Akbar Madjid, dalam diskusi 'Smart Investing, Everyone Can' bersama Mandiri Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia, Kamis (12/07/2012) di The Only One Club, FX Center, Sudirman, Jakarta.

Misalnya saja, jika Anda berencana membeli mobil dengan harga Rp 200 jutaan dengan jangka waktu 3-4 tahun. Maka Anda cukup berinvestasi sebesar Rp 800 ribu sebulan. Berbeda halnya ketika seseorang menginginkan bisa membeli Porsche seharga RP 2,8 miliar dalam waktu setahun. Dia harus investasikan uang sedikitnya RP 600 juta sebulan.

"Itu sekadar contoh untuk menggambarkan, kapan kita harus berinvestasi tergantung dari sesuatu yang diinginkan dan gaya hidup seperti apa yang kita mau," terang Ketua Asosiasi Perencana Keuangan IARFC Indonesia ini.

Sedangkan investasi untuk dana pensiun, Aidil menyarankan untuk memulainya sedini mungkin. Misalnya Anda pensiun dalam 20-30 tahun lagi, berapa dana yang harus disiaplan untuk menopang biaya kehidupan saat tak mampu bekerja lagi?

Aidil mengambil contoh yang paling banyak ditanyakan orang kepadanya saat berkonsultasi mengenai perencanaan keuangan. Sebagian besar dari mereka membutuhkan biaya hidup antara 5-10 juta per bulan saat ini, dengan usia rata-rata 25 tahun.

"Kalau pensiun 30 tahun lagi kita butuh uang antara Rp 25 - 45 miliar nantinya. Itu uang untuk hidup setelah pensiun, rata-rata hidup sekitar 10-15 tahun sampai meninggal di usia sekitar 70 tahun," urai Aidil.

Menurut pengajar di Universitas Bina Nusantara untuk S2 bidang Keuangan ini, jumlah tersebut tidaklah terlalu fantastis jika mempertimbangkan inflasi tiap tahunnya. Aidil menyarankan, saat menghitung besarnya biaya pensiun, Anda jangan memakai perhitungan inflasi saat ini karena bisa kurang akurat.

"Buat Anda mungkin angka Rp 25 miliar banyak banget. Tapi coba perkirakan inflasi yang mungkin terjadi di 15-20 tahun ke depan. Ini angka yang wajar," tambah Aidil.

Pria kelahiran Jakarta, 19 Juli ini juga menjelaskan salah satu syarat investasi bisa berkembang pesat adalah waktu. Semakin panjang waktu investasi, jumlah investasi akan naik lebih besar nantinya.

"Jadi percuma punya uang banyak kalau waktu investasi tinggal tiga tahun lagi. Lebih baik nyicil Rp 100-500 ribu tiap bulan tapi digunakannya masih 15 tahun lagi. Itu (jumlahnya) bisa berlipat ganda. Investment itu jangan dilihatin terus, cuekin saja. Di 3-5 tahun pertama memang naiknya tidak terlalu drastis tapi begitu lewat lima tahun, itu eksponensial (pertumbuhannya cepat)," urai Aidil.

Penyebabnya ketika memasuki tahun ke-6, 8, 10 dan seterusnya, uang yang kita dapatkan merupakan kenaikan dari dana yang sudah diinvestasikan tujuh tahun yang lalu. Aidil berujar, kunci utama berinvestasi adalah kesabaran.

"Tunggu saja, tak terasa (dananya) menjadi Rp 80 juta, RP 100 juta," tutupnya.

Source : Wolipop @ Detik.com

Jumat, 13 Juli 2012

Mengapa Ducati mahal ?

saya setuju dgn pendapat bahwa DUCATI lbh mahal. Harga itu tdk hanya di jepang dan Indonesia, tp juga di dunia. Tdk hanya harga motornya yg mahal, juga perawatan, harga suku cadang, dan berdasarkan pengetahuan saya, lbh rewel ketimbang motor jepang (paling anti gk dipake lebih dr 1 bulan), dan sorry to say sebetulnya power dr engine ducati masih kalah sm motor2 jepang sekelas.

1. Kenapa harga motornya mahal?
Itu strategy marketing. Customer ducati adalah orang2 yang tidak mencari performa vs value for money, mereka adalah orang2 yang loyal dgn brand dan mencari sesuatu yg tidak bisa dibeli dgn apapun, yaitu "kebanggaan". Membeli ducati ibarat impian masa kecil yang menjadi nyata, karena sejak zaman dinosaurus, he3, ducati sudah menanamkan DNA eksklusifitas pada motornya. Justru klo ducati menurunkan harganya, menurut pandangan saya, justru akan menghilangkan loyalitas dr ducati lover yang sudah bertahun2 memakainya. Saya pernah ikut kuliah mengenai, international marketing strategy, dan sy liat bahwa itu adalah kecenderungan hampir semua brand italia. Tidak percaya? Di fashion ada GUCCI, ARMANI, PRADA, VERSACE, dll. Di mobil udh tau semua ada FERRARI, LAMBORGHINI, BUGATTI, bahkan FIAT pun boleh dibilang kejar segmen sedikit di atas kompetitor. Jadi sudah jelas bahwa ke-eksklusifitas-an dr ducati adalah tabiat dr negara asalnya. Hal yang ssebaliknya terjadi juga di Jepang, hampir semua brand jepang lbh mengejar ke VOLUME penjualan ketimbang price of item. Makanya ada jurang pemisah disini.

Alasan lain karena designnya yang "nyeleneh" dibanding kompetitornya. Inovasi designnya luar biasa, out of the box. Masih ingat dgn 916 dgn design super seksinya lengkap dgn pro arm legendarisnya? Masih ingat juga dgn ducati supermono yang imut tp larinya kaya maling? masih inget juga dgn desmosedici RR (perfect replica dr moto GP)? Dan yang terbaru panigale dgn framelessnya? Design motor menjadi faktor yang sangat menentukan harga jual, karena utk mengembangkan semua teknologi itu, mereka butuh riset bertahun2 dan itu INVESTASI. Itulah salah satu alasan kenapa motor ducati jarang/lama ganti modelnya, beda dgn motor jepang yang kalau dirata2 tiap 2-3 tahun ganti body.

Mereka tidak segan2 juga memasang part2 highend di motornya, ducati tercatat satu2nya produsen yang tidak pernah memakai rem selain brembo di semua line upnya (meliputi kaliper, master, cakram), juga salah satu produsen yang terikat kontrak ekslusif dgn BREMBO group utk memasang velg brembo dan marchesini di velgnya (meskipun di beberapa negara, karena krisis ekonomi dlm 5thn belakangan speknya diturunkan ke ENKEI). Itu yang kasat mata, yang tidak kasat mata bisa kita "rasakan" di seluruh tubuh ducati. Saya akui, detail menjadi salah satu poin keunggulannya. Bagi yg bingung detail mana yg dimaksud, silahkan diliat triple tree, sambungan frame, bahan fork dan casenya, juga blok mesin.

2. Kenapa perawatannya mahal?
Alasan utama karena jalur distribusinya dikuasai oleh head quarter, dia tdk merekrut perusahaan rekanan utk membantu jalur distribusinya. Memang tujuannya bagus utk memastikan tidak ada pemalsuan, tp cilakanya harganya jd mahal. Jadi all item langsung dari ITALY.

Alasan lain karena dia tdk mass production. Karena motornya populasinya tdk sebanyak motor jepang, otomatis pabrik suku cadang juga membuat part gk sebanyak pabrik motor jepang. seperti kita tahu, makin sedikit volume product, harga jualnya akan mahal karena ongkos produksi hampir mirip antara banyak atau sedikit.

Untuk menservis part ducati (mesinnya), butuh tenaga ahli, kita gk bisa sembarangan otak atik mesinnya khususnya valve. secara umum, mesin ducati ada 2 macem, desmoquattro 4 valve dgn desmoduo 2 valve. Yang desmoquattro, lampu kuning deh klo udh 10 thn, sering sekali sy liat motor2 ducati desmoquattro nongkrong di bengkel cukup lama karena masalah valve yang gk beres2 dan sulit sekali "nyetel"nya. Paling sering sy liat 996 dan "keluargaya", he3, yg mengalami kerusakan ini. Utk informasi, dlm 20rb km pertama, ducati setidaknya harus servis valve-nya 2 kali, silahkan cek buku manualnya kalau kurang yakin.

Ducati juga sering sekali atau bisa dikatakan hampir semua pakai dry clutch, kopling model gini lbh cepet aus, khususnya utk kondisi stop and go dan banyak orang gk suka sama bunyinya yang tek tek tek kaya motor rusak. Sepertinya ducati sudah sadar akan kelemahan ini, makanya utk motor2 ducati yg generasi baru, hanya 1198 hypermotard 1100, monster 1100, sm streetfighter aja yg masih pakai dry clutch. Sebagai catatan, dry clutch lebih keras (jauh) ketimbang wet clutch.

Regulator rectifiernya gk tahan lama (biasanya rusak di konektor)...lho gmn mas kiming tau? he3, sebulan sekali pasti ada aja customer saya pemilik ducati yang nanyain tu komponen pdhal motornya blm ada 5 thn. Sedangkan pemilik2 moge jepang yg kontak saya utk beli tu item umumnya buat ngganti motor mereka yg umurnya deket2 15 thn.

3. Lalu kenapa orang2 beli ducati bahkan di Indonesia termasuk sangat "diminati" dan gencar dipromosikan?
Karena ducati tidak hanya menjual motor, mereka menjual SOUL and PRIDE. ini tdk bisa dinilai dgn apa pun. Di negara berkembang seperti indonesia, GENGSI jadi salah satu hal terpenting, peluang yg bagus buat ducati. Buktinya apa klo GENGSI itu penting sekali di Indonesia??? Dengan pendapatan perkapita relatif rendah dibanding negara2 yg "seumuran", rakyat indonesia paling seneng ganti hp, ganti mobil atau motor, Bdan segala sesuatu yg sifatnya konsumtif.....hayooo,,,
Dan...kenapa Ducati harus jual lebih murah kalau dgn harga mahal pun, customer sudah rebutan utk beli.

Overall, motor jepang juga gk kalah kualitasnya, puluhan tahun dipakai gk ada masalah berarti, gampang diservis karena part engine rata2 stand alone dan gk perlu beli 1 set klo rusak, juga bisa saling tukar komponen antar model.

So, apakah Ducati masih jd motor idolamu????? Hanya kamu dan Tuhan yg tahu...
Kalau saya sih, dikasih juga mauuuuuu

Disadur dari Facebook Arief Setiawan / KIMING

29 February

Hari ini, Rabu (29/2/2012), merupakan hari istimewa dalam penanggalan Masehi. Keistimewaan itu terletak pada tanggalnya, 29 Februari. Tanggal ini hanya muncul satu kali dalam rentang empat tahun atau delapan tahun. Ini menandakan tahun 2012 adalah tahun kabisat.

Cikal bakal kalender Masehi yang digunakan saat ini berasal dari kalender Julian yang diperkenalkan sejak masa Julius Caesar pada tahun 46 sebelum Masehi atas bantuan astronom asal Aleksandria, Sosigenes.

Dalam kalender Julian, satu tahun didefinsikan sebagai waktu yang diperlukan Bumi untuk mengelilingi Matahari, yaitu selama 365,25 hari. Karena sulit dan tidak praktis mengubah tahun pada seperempat hari, maka satu tahun dibulatkan menjadi 365 hari.

”Tahun yang memiliki jumlah 365 hari disebut tahun basit atau tahun pendek,” kata ahli kalender dari Program Studi Astronomi, Institut Teknologi Bandung, Moedji Raharto, Selasa (28/2).

Sisa 0,25 hari digabung menjadi satu hari penuh yang ditambahkan pada Februari tahun keempat. Itulah sebabnya Februari yang biasanya hanya memiliki 28 hari setiap empat tahun menjadi 29 hari.

Penambahan satu hari pada tahun keempat inilah yang kemudian membuat setiap angka tahun yang habis dibagi empat disebut tahun kabisat atau tahun panjang karena memiliki 366 hari.

Tidak tepat

Ternyata waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi Matahari tidak tepat 365,25 hari atau 365 hari 6 jam seperti yang ditetapkan dalam kalender Julian. Waktu yang tepat adalah 365,242199 hari atau 365 hari 5 jam 48 menit 46 detik.

”Astronom pada masa itu belum bisa menentukan waktu revolusi Bumi hingga detail,” ujar Moedji.

Waktu Bumi mengelilingi Matahari ini didasarkan atas waktu yang ditempuh Matahari seolah-olah mengelilingi Bumi dari titik Aries hingga kembali ke titik Aries lagi. Ini disebut sebagai satu tahun tropis.

Matahari berada di titik Aries ditetapkan terjadi pada 21 Maret. Tanggal ini menjadi tanda datangnya musim semi di belahan Bumi utara atau tibanya musim gugur di belahan Bumi selatan.

Penghitungan yang tidak tepat ini membuat setiap satu tahun terjadi kekurangan 11 menit 14 detik. Dalam jangka pendek, kekurangan ini tidak menimbulkan masalah pada kalender yang digunakan. Namun, jika kalender digunakan hingga ribuan tahun, kekurangan ini menjadi sangat terasa.

Dalam 1.000 tahun, hari bergerak 7,8 hari lebih cepat dibandingkan semestinya. Ini ditandai dengan lebih cepatnya Matahari tiba di titik Aries dari hasil penghitungan dibandingkan kondisi sebenarnya.

Hal lain yang dirasakan akibat ketidaktepatan ini adalah musim semi yang datang lebih awal dari 21 Maret sesuai ketetapan.

Majunya waktu ini juga memengaruhi berbagai kegiatan keagamaan yang tidak tepat, seperti dalam penentuan hari raya keagamaan yang memiliki aturan khusus. Ini sangat bertentangan dengan tujuan dibuatnya kalender, yaitu untuk menentukan waktu dilaksanakannya berbagai kegiatan keagamaan dan penanda musim.

Reformasi

Kondisi ini membuat Paus Gregorius XIII pada 1582 Masehi membarui kalender Julian. Ketentuan tahun kabisat tidak hanya angka tahun yang habis dibagi 4, tetapi juga harus habis dibagi 400 untuk tahun abad (tahun yang merupakan kelipatan angka 100).

Ini membuat tahun 1800 atau 1900 yang dalam kalender Julian disebut tahun kabisat setelah ketentuan baru ini tidak lagi disebut tahun kabisat. Namun, tahun 1600 dan 2000 masih disebut tahun kabisat.

Ini akan membuat orang yang lahir pada 29 Februari, perayaan ulang tahunnya tidak hanya akan jatuh tepat empat tahun sekali, tetapi bisa juga delapan tahun sekali, seperti antara 29 Februari 2096 dan 29 Februari 2104. Hal ini karena tahun 2100 bukan tahun kabisat.

Reformasi ini berhasil mengurangi kesalahan penghitungan kumulatif hari. ”Jika dalam kalender Julian terjadi kesalahan 78 hari dalam 10.000 tahun, setelah direformasi kesalahannya tinggal 3 hari dalam 10.000 tahun,” ungkap Moedji.

Selain mengeluarkan aturan baru tahun kabisat, Paus Gregorius XIII juga memotong 10 hari pada Oktober 1582. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kalender agar bersesuaian kembali dengan musim yang terjadi.

Pemotongan ini membuat tanggal 4 Oktober 1582 langsung dilanjutkan dengan tanggal 15 Oktober 1582. Artinya, dalam sejarah kalender Masehi, tidak pernah ada tanggal 5 Oktober sampai 14 Oktober 1582.

Penghapusan ini mirip dengan yang dilakukan Pemerintah Samoa dan Tokelau di Pasifik Selatan yang menghapus tanggal 30 Desember 2011 untuk menyesuaikan dengan waktu di Selandia Baru dan Australia. Penghapusan ini membuat 29 Desember di negara itu langsung dilanjutkan dengan tanggal 31 Desember 2011.

Pembaruan yang dilakukan Paus Gregorius XIII ini membuat sistem penanggalan ini dinamakan kalender Gregorian. Meski demikian, sistem ini tidak langsung diterapkan di semua negara. Rusia, China, Yunani, ataupun Turki baru mengakomodasi kalander ini pada awal abad ke-20.


Belum pas

Meski sudah dikoreksi, kalender Gregorian masih mengandung salah, yaitu tiga hari dalam 10.000 tahun. Kesalahan ini terjadi karena dalam satu tahun kalender Gregorian jumlah harinya masih 365,2425 hari. Ini berbeda sedikit dengan waktu dalam satu tahun tropis yang mencapai 365,242199 hari.

Ketidaktepatan ini disebabkan adanya gerak presesi atau gerak sumbu rotasi Bumi sembari mengelilingi Matahari. Gerak presesi membuat posisi titik Aries bergeser 50,2 detik busur per tahun ke arah barat dari koordinat langit.

”Untuk membuat kalender dengan jumlah hari yang tepat dengan satu tahun tropis tidaklah mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan, baik dari sisi kepraktisan kalender untuk digunakan maupun idealisme sistem kalender itu sendiri,” kata Moedji.

Sumber :
http://sains.kompas.com/read/2012/02...wa.29.Februari

Cara merakit sepeda MTB

sepeda mtb digolongkan menjadi 2 type, yakni hard tail (ht) dan full suspension (fs). disebut hard tail karena memang “ekornya” keras tanpa adanya shock. beda dengan sepeda full suspension yang memiliki rear shock sehingga bisa terasa lembut.

Pada umumnya hard tail dipergunakan untuk trek xc, dirtjump, dan free ride. sedangkan fulsus dipergunakan di trek all mountain dan downhill. meskipun demikian, penggunaan hard tail untuk trek downhill meski tidak lazim kerap dijumpai pada beberapa kejuaraan mtb. bisa jadi ini dimaksudkan untuk menaikan tingkat kesulitan karena penggunaan hard tail pada trek downhill sangat membutuhkan skill tinggi dari ridernya. menggunakan sepeda fulsus untuk melibas trek light xc akan terasa lebih berat dan melelahkan. pengecualian pada beberapa produsen sepeda fulsus yang telah berhasil menciptakan sepeda fulsus seringan dan senyaman hardtail, sehingga efek bobbing yang biasa dijumpai pada sepeda fulsus dapat diminimalisir. sebut saja satu giant anthem, my another dream bike

Setiap frame baik ht ( Hardtail ) maupun fs ( Full suspension ) memiliki ukuran tertentu dengan satuan inchi. biasanya yang menjadi patokan ukuran adalah panjang seattube dan/atau toptube. namun ada pula produsen sepeda yang telah menggolongkan frame mereka ke ukuran s, m, dan l. masing - masing ukuran tersebut memiliki tabel geometri tertentu dan biasanya bisa dilihat pada website mereka.

panduan memilih ukuran frame secara gampang adalah orang dengan tinggi maks 165cm wajib menggunakan frame s, 165 - 175cm frame m, dan >175cm frame l. meskipun demikian ada beberapa pengecualian karena setiap orang memiliki panjang tangan, panjang kaki, dan panjang tubuh yang berbeda meskipun total tinggi sama. dengan demikian meskipun telah memilih frame dengan patokan seperti di atas, biasanya kita harus tetap melakukan koreksi dengan memilih ukuran komponen lain, misalnya handlebars, seatpost, stem, dan crank.

untuk mengetahui apakah mtb anda sudah tepat ukuran, cobalah berdiri mengangkangi frame yang telah dalam kondisi dirakit, tangan memegang handlebars. apabila anda dapat berdiri leluasa dengan masih menyisakan jarak setidaknya 5cm antara tob tube dengan daerah alat vital anda, itu pertanda bagus. namun kalau mentok atau bahkan jarak terlalu lebar, itu artinya ukuran sepeda anda tidak tepat. bagi pengguna fork dengan travel adjustment, kekurangan atau kelebihan jarak ini masih mungkin untuk dikoreksi dengan menambah atau mengurangi panjang travel.

 bagi peminat frame fs, selain ukuran frame, masih terdapat variabel lain yaitu jenis rear shock, panjang travel, dan teknologi link. ketiga variabel ini patut dipertimbangkan khususnya bagi yang telah bisa merasakan enaknya menunggang sepeda fulsus. tapi bagi pemula, rasanya tidak bakalan bisa membedakan ketiga faktor tersebut.

Source : http://www.kumpulanberita.info/2010/07/cara-merakit-sepeda-gunung.html

Rabu, 04 Juli 2012

Ingin Memulai Usaha Sendiri? Simak Langkahnya Berikut Ini!

Membuka bisnis atau usaha sendiri memerlukan strategi yang tepat agar dapat berjalan dengan sukses. Tak hanya itu saja, dengan adanya langkah yang tepat maka bisnis Anda juga dapat berkembang pesat, sehingga keuntungan yang didapat juga besar.

Jika Anda berniat untuk memulai usaha sendiri, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini, seperti dilansir oleh Idiva.

1. Tentukan Jenis Usaha
Yang pertama kali harus ditentukan adalah jenis usaha yang akan dijalankan seperti apa. Setelah sudah mengetahuinya, maka Anda akan mendapatkan bayangan berapa kira-kira modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut.

2. Modal
Modal yang cukup tinggi dapat membantu Anda merintis usaha, seperti menyewa gedung, beli berbagai macam peralatan yang dibutuhkan, atau bahkan untuk mengakuisisi perusahaan kecil. Apabila Anda menjalin hubungan yang baik dengan pihak bank, bisa menjadi sumber modal yang mudah untuk didapatkan.

3.Pikirkan Tentang Keuntungan
Langkah selanjutnya sebaiknya Anda pikirkan secara matang apakah usaha yang akan digeluti nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang banyak atau tidak. Lalu pikirkan juga bagaimana cara mengembalikan uang yang Anda pinjam kepada bank untuk modal bisnis Anda. Belum lagi berbagai macam tagihan lainnya seperti membayar sewa gedung, pajak dan lain sebagainya. Jadi jangan sampai Anda salah menentukan jenis usaha yang akan dijalankan.

4. Lokasi yang Tepat
Lokasi sangat memegang peranan yang penting. Jadi jika berencana membeli atau menyewa tempat untuk bisnis yang akan digeluti, Anda harus memilih lokasi yang tepat dan sesuai. Misalnya, Anda berniat untuk membuka restoran di Jakarta, jadi sebaiknya carilah lokasi yang strategis dan memungkinkan orang untuk mengunjungi restoran Anda.

5. Pikirkan Jangka Pendek dan Panjangnya
Agar bisnis dapat berjalan dengan sukses, Anda butuh rencana jangka pendek dan panjangnya. Tuliskan dengan jelas apa saja target pencapaian yang ingin dicapai dalam waktu dekat dan apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk memperluas bisnis Anda.

Source : Wolipop @ detik.com

Stroke Kini Mengincar Orang Muda yang Gaul

Angka kematian akibat stroke di Indonesia naik dari tahun ke tahun. Yang mengkhawatirkan, stroke saat ini tak hanya milik kaum tua saja, melainkan juga mulai marak menjangkiti kaum muda. Hal ini membuat stroke berhasil menempati posisi sebagai penyebab utama kematian yang disebabkan penyakit non infeksi di indonesia.

Stroke adalah kerusakan otak akibat sumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak. Menurut Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2008, jumlah penderita stroke mencapai 8,3 per 1.000 populasi di Indonesia. Dengan populasi sekitar 211 juta jiwa, berarti terdapat sekitar 1,7 juta penderita stroke di Indonesia.

Data yang berhasil dihimpun Kementerian Kesehatan dari seluruh rumah sakit di Indonesia menemukan bahwa sebanyak 12 juta penduduk Indonesia yang berumur di atas 35 tahun berpotensi terserang stroke. Padahal dulu penyakit ini lebih banyak menyerang mereka yang usianya sudah 55 tahun ke atas.

"Stroke paling banyak dialami orang yang berusia 55 - 65 tahun. Semakin tua usianya, makin banyak pembuluh darah yang tersumbat atau mengalami arteroskletrosis. Namun kecenderungannya sekarang stroke juga sudah bisa menyerang saat usia 25 - 35 tahun, ini namanya stroke muda," kata Prof dr Teguh Ranakusuma, SpS (K), dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM ketika berbincang dengan detikHealth, Rabu (4/7/2012).

Pada kaum muda, serangan stroke sangat berkaitan dengan gaya hidup serta temperamen yang cenderung ambisus. Gaya hidup kaum muda yang disinyalir memicu stroke adalah penggunaan obat perangsang, narkoba serta kebiasaan merokok.

Mengonsumsi obat perangsang dan narkoba membuat aliran darah menjadi meningkat. Sedangkan kebiasaan merokok menyebabkan penumpukan kotoran di bagian dalam pembuluh darah atau aterosklerosis. Kombinasi obat-obatan dan rokok ini sangat mudah memicu terjadinya stroke.

Mengingat faktor risiko stroke adalah hipertensi dan kolesterol, makanan junk food dan banyak berlemak ditengarai ikut memicu prevalensi stroke di usia muda. Kesemua faktor di atas tak lepas dari gaya hidup kekinian yang banyak diadopsi anak-anak muda, yaitu seks, narkoba, rokok dan junk food.

Prof Teguh mengamati, yang paling khas dari stroke usia muda ini adalah makin banyak temperamen orang-orang muda yang mudah naik darah. Oleh karena itu, sistem pendidikan sebaiknya dibenahi agar siswa didik memiliki gudang memori yang lebih banyak. Dengan demikian, maka setiap masalah hidup dapat dihadapi dengan cerdas.

"Kalau sekarang ini kita lihat anak-anak muda memorinya pendek sekali. Hidup ini memang perlu ambisi, tapi jangan lantas jadi ambisus. Stroke dan tekanan darah tinggi itu juga bisa disebabkan banyaknya ketegangan dalam hidup," tutur Prof Teguh.

Selain faktor gaya hidup, Prof Teguh juga menegaskan bahwa stroke pada usia muda ini juga bisa disebabkan oleh genetik. Kalau seorang ayah atau ibu sudah punya kecenderungan stroke, maka stroke bisa lebih cepat muncul pada anak-anaknya. Untuk meminimalisir faktor risiko genetik ini, maka orang yang berpotensi terserang stroke sebaiknya segera diarahkan untuk menjalani pola hidup sehat.

"Stroke ini kan penyakit yang polanya jelas sekali dan tiap orang sebenarnya punya potensi terkena stroke. Untuk meminimalisir risiko stroke caranya yaitu mengubah pola hidup, kurangi garam, hindari makanan berlemak, daging merah, perbanyak makan sayur, buah dan minum air putih," tutur Prof Teguh.

Source : detikhealth

Jangan Anggap Remeh Hal Ini Karena Bisa Jadi Pertanda Stroke

Kebanyakan orang berpikir tanda-tanda dari stroke adalah tidak bisa menggerakkan badan atau pingsan. Padahal ada kondisi lain yang sebaiknya jangan diremehkan karena bisa jadi tanda stroke.

"Memang gejala stroke yang muncul tergantung dari bagian otak mana yang kena," ujar Dr Manfaluthy Hakim, SpS(K) dari departemen neurologi FKUI saat dihubungi detikHealth, Rabu (4/7/2012).

Dr Luthy menjelaskan jika menyerang bagian otak besar maka mempengaruhi fungsi motoriknya misalnya tangan dan kaki di sebelah sisi mengalami kelumpuhan. Tapi jika stroke terjadi di batang otak atau otak kecil maka keluhan yang timbul sering dianggap seperti vertigo.

Bedanya vertigo akan membuat orang merasa ruangan berputar dan agak membantu atau berkurang jika ia menutup mata, serta gejalanya hebat sekali bahkan bisa membuat orang mual dan muntah.

"Tapi kalau karena stroke biasanya nggak merasa ruangan berputar, tapi kok merasa sempoyongan, rasanya ngambang yang terus menerus makin lama makin berat disertai dengan ngomong nggak jelas kaya orang cadel," ungkapnya.

Dr Luthy mengungkapkan sedangkan kalau mata berkunang-kunang saja itu bukan gejala stroke. Tapi jika mata berkunang yang diikuti dengan rasa sempoyongan dan cadel maka itu tanda stroke dan segera langsung dibawa ke rumah sakit.

Tanda-tanda remeh dari stroke yang kadang tidak disadari adalah:
1. Vertigo yang terus menerus
2. Kunang-kunang diikuti dengan rasa sempoyongan
3. Menurunnya kemampuan mencium, mengecap atau mengingat (daya ingat)
4. Refleks yang menurun
5. Kehilangan kemampuan berkomunikasi
6. Bingung mendadak, serta adanya gangguan pada ekspresi wajah dan juga pernapasan.

Definisi dari penyakit stroke sendiri adalah gangguan neurologi atau defisit neurologi yang terjadi secara tiba-tiba dan murni akibat adanya gangguan peredaran darah.

Stroke sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu stroke akibat penyumbatan (iskemik) yang jumlahnya sekitar 85 persen, sedangkan yang 15 persen stroke akibat perdarahan (pecahnya pembuluh darah).

Umumnya jika seseorang mengalami vertigo terus menerus yang mana semua obat sudah tidak mempan maka dicurigai ada penyumbatan di otak bagian belakang yang merupakan jenis stroke iskemik.

Source : Detikhealth

3 Jam Waktu Optimal untuk Selamatkan Nyawa Pasien Stroke

Stroke merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak tiba-tiba terganggu. Berkurangnya aliran darah menyebabkan kerusakan atau kematian sel-sel otak. Banyak pasien stroke yang tak terselamatkan nyawanya karena terlambat mendapat penanganan medis.

Stroke bisa menyebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian. Stroke terdiri dari dua jenis yaitu stroke karena iskemik dan stroke pendarahan. Stroke karena iskemik terjadi bila salah satu cabang dari pembuluh darah di otak mengalami penyumbatan. Akibatnya, bagian otak yang seharusnya mendapat suplai darah akan mati karena tidak mendapat oksigen dan nutrisi.

Stroke jenis pendarahan terjadi karena pecahnya pembuluh darah di otak. Hal ini sangat terkait dengan fluktuasi tekanan darah. Umumnya, stroke pendarahan terjadi saat tekanan darah seseorang sedang tinggi. Pada saat tekanan darah naik, pembuluh darah tersebut menjadi pecah.

Sama seperti serangan jantung, stroke bisa berbahaya jika tidak segera ditangani secara medis. Saat aliran darah ke otak turun, maka fungsi saraf akan terganggu. Pada kasus ini jaringan otak belum mati, namun mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi secara berkepanjangan dapat menyebabkan kematian jaringan saraf.

Sebagai perbandingan, otak manusia hanya dapat bertahan tanpa oksigen untuk tidak rusak selama 4-6 menit. Namun otak akan rusak permanen jika tidak mendapat suplai oksigen selama lebih dari 10 menit. Oleh karena itu, pasien stroke sangat membutuhkan penanganan medis dengan segera.

"Stroke itu makin cepat ditangani makin cepat diselamatkan. Ada kesempatan pengobatan awal paling lambat 3 jam setelah muncul serangan. Setelah terserang stroke, biasanya ada beberapa penguatan yang harus dilakukan, tergantung dari tingkat keparahannya," kata Prof dr Teguh Ranakusuma, SpS (K), dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM ketika berbincang dengan detikHealth, Rabu (4/7/2012).

Masalah yang sering muncul adalah pasien seringkali terlambat dibawa ke rumah sakit. Penelitian menunjukkan bahwa kelumpuhan dan gangguan pasca stroke bisa dicegah atau dipulihkan jika obat stroke yang berfungsi menghancurkan bekuan darah disuntikkan kurang dari 3 jam sejak terjadinya serangan.

Banyaknya kematian akibat stroke diduga karena keluarga tidak mengetahui gejala dan penanganan pasien stroke. Keluarga bahkan banyak yang baru membawa pasien stroke ke rumah sakit beberapa jam hingga sehari setelah serangan. Untuk pasien yang tinggal jauh dari pusat layanan kesehatan, hal ini tentu menjadi sebuah masalah besar.

Dampak stroke tergantung pada lokasi penyerangan stroke di bagian otak dan tingkat keparahannya. Pasien yang berhasil selamat terkadang mengalami berbagai gangguan seperti kelumpuhan, penurunan kemampuan komunikasi, perubahan mental hingga depresi.

"Setelah terkena stroke, ada pasien yang mengalami kerusakan yang bersifat permanen dan ada juga yang sementara. Stroke pada dasarnya terjadi di jaringan saraf di otak. Saraf yang sudah mati tidak dapat dipulihkan lagi, jadi sifatnya irevesible," kata dr Teguh.
 
Source : detikhealth